Outbound Bersama Pegawai Bakorluh

Tahun baru semangat kerja baru, itulah hal yang perlu ditumbuhkan pada setiap pegawai lingkup pemerintahan maupun swasta untuk meningkatkan produktifitas kerja mereka, itulah tujuan Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Prov. NTB mengadakan outbound bagi seluruh pengawainya. Outbound dilaksanakan pada tanggal 21 sd 22 Januari 2015 di Balai Diklat Narmada dan Hotel Teratai, Suranadi Narmada. Outbound difasilitasi oleh “Cabe Outdor” dan diikuti oleh seluruh pegawai Sekretariat Bakorluh Prov. NTB mengangkat tema “Dengan  Outbound Kita Perkuat Rasa Kekeluargaan untuk Meningkatkan Etos Kerja”.

Secara umum manfaat kegiatan outbound yaitu untuk meningkatkan kemampuan personal dan intrapersonal peserta outbound, karena memang tantangan yang dihadapi dalam kegiatan outbound memaksa setiap peserta untuk mengukur diri/bercermin akan tentang kemampuan fisiknya, kenyakinan mentalnya dan kecerdasan berfikirnya.

Tahap pertama dalam suasana ceria, kondusif dibawah bimbingan fasilitator dilakukan pembagian kelompok dengan berbagai kegiatan permainan yang sifatnya mengarah kepada pembentukan sikap mental positif serta kemampuan untuk bekerjasama secara kelompok. Pembagian kelompokpun dilakukan secara acak. Selain itu pada malam hari untuk lebih menyemarakkan suasana dan semakin meningkatan keakraban diantara peserta dilakukan kegiatan karaoke bersama.

Kemudian besok harinya seluruh peserta berangkat menuju lokasi outbound kawasan Suranadi yang bernuansa hijau karena berlokasi disekitar areal persawahan. Tahap pertama dari kegiatan outbound yaitu ice breaking guna menghilangkan ketegangan peserta dan menstimulasi antusiame peserta untuk siap mengikuti seluruh rangkaian outbound. Dalam ice breaking dilakukan beberapa games yang sifatnya berkelompok antara lain Samson dan Delilah, Polisi-Pencuri, dan Benang Kusut.

  • Delilah mengalahkan samson : Samson mengalahkan Singa, Singa mengalahkan Delilah;
  • Polisi pencuri : Peserta saling berpegangan tangan sambil mindahkan tali sebagai polisi dan pencuri apabila kedua tali tersebut bertemu pada satu orang yang sama, maka diibaratkan polisi berhasil menagkap pencuri.
  • Benang kusut :  Setiap peserta memegang ujung tali dan berkompetisi untuk mengurai tali yang kusut tanpa harus melepaskan tali yang dipegang

Tahap selanjutnya dari kegiatan outbound yaitu Competition Fun Game, merupakan inti dari kegiatan outbound yang dirancang untuk meningkatkan kekompakan setiap kelompok dalam menyelesaikan suatu game secara sportif. Untuk lebih meningkatkan semangat dan kekompakan kelompok dalam menyelesaikan game, maka bagi kelompok yang paling dahulu menyelesaikan semua tahapan dari outbound akan diberikan sebuah reward.

 Competition fun game terdiri dari beberapa etape antara : 1). Water transfer: dengan menggunakan media piring dan gelas setiap kelompok harus berlomba secepatnya mengisi ember dengan air sehingga bola didalam ember keluar; 2). Karpet ajaib : Setiap peserta memegang ujung pinggir karpet yang diatasnya terdapat gelas, dimana kelompok diharuskan memindahkan gelas ketempat yang telah ditentukan secara bersama-sama tanpa harus menjatuhkan gelas; 3). Ular buta : Peserta berbaris berbanjar diibaratkan seekor ular panjang, tetapi seluruh peserta ditutup matanya. Hanya satu orang sebagai pemimpin berada dibarisan paling belakang untuk memberikan komando dalam mencabut bendera yang ada didepannya, kelompok yang paling banyak mencabut bendera dialah pemenangnya; 4). Bola setan : Diperlukan kekompakan dan kerjasama dalam memindahkan bola dengan tali.

Kegiatan outbound tidak lengkap tanpa adanya flying fox. Flying Fox dengan peralatan dan safety yang memadai merupakan kegiatan yang menegangkan sekaligus mengasikkan karena dilakukan di atas areal persawahan yang hijau yang membuat seseorang merasa beban masalah bisa hilang dan lega.

Sebagai games penutup yakni menyusun lego yang jumlahnya terbatas menjadi sebuat bagunan. Hal ini menuntut kerjasama, kekom

pakan dan ide-ide dari peserta sehingga sebuah bangunan dapat tersusun, ini menggambarkan walaupun dengan segala kekurangan dan keterbatasan, akan tetapi bila dilakukan dengan kerjasama maka tujuan bersama pasti bisa tercapai. Tahap akhir kegiatan outbound dilakukan pemberian reward kepada kelompok yang paling banyak mengumpul poin dalam setiap games diakhiri dengan foto dan makan siang bersama. [] - 01

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru