Utamakan Program Prioritas di Musrenbang

Ditandai dengan penandatanganan berita acara Hasil Musrenbang RKPD tahun 2016 yang dihadiri perwakilan Bappeda, Dinas PU, Dikbud, Dikes, Disperindag, Dinas Pertanian, Dinas Pariwisata, Kecamatan Sekotong, Kuripan dan Kecamatan Batulayar, pelaksanaan Musrenbang RKPD 2016 ditutup secara resmi oleh  Wabup. Lobar, H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si. Kamis (5/3) kemarin.

Dalam arahannya, Wabup. H. Fauzan Khalid mengharapkan, hasil Musrenbang ini bisa dijadikan sebagai dasar dalam melaksanakan program yang lebih operasional dan teknis. Wabup paham  berbagai macam usulan, hasil Musrenbangdes, Musrenbangcam banyak yang belum masuk dalam Musrenbang kali ini. “Namun percayalah hasil dari Musrenbang ini semata-mata disebabkan berbagai macam pertimbangan. Diantaranya bisa jadi yang disulkan itu bukan kewenangan Lobar, karena persoalan teknis, atau karena keterbatasan fiskal atau sebab lainnya,” kata Bupati .

Wabup meyakinkan, jika sesuai arahan Bupati sangat jelas dikatakan apa yg direncanakan dalam Musrenbang ini jangan hanya berdasarkan soft list atau berdasarkan keinginan saja, namun berdasarkan kebutuhan/prioritas. Yang menjadi prioritas berorientasi pada kebutuhan Lobar, kebutuhan nasional, propinsi dan tentu saja kebutuhan kabupaten yang sjudah disepakati bersama.

Wabup menghingatkan, berdasarkan UU Perencanaan Pembangunan Daerah mengamanatkan pada pemangku kepentingan di daerah untuk melaksanakan pembangunan dengan lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan, demi kebaikan, cita-cita bersama untuk mensejahterakan masyarakat Lombok Barat.

Belajar dari pengalaman sebelumnhya kata Wabup, terkait dengan perencanaan ini dimana RPJMD Lobar  pernah dievaluasi E-Gov Indonesia yang berhasil menempatkan Lobar sebagai juara I E-Gov Indonesia di NTB, bahkan lebih tinggi dari pemprop NTB. “Bahkan kita 1 point lebih nilainya itu dibawah Jembrana yg nota bene nomor 1 di Prov. Bali. Sekali lagi semua ini karena kerja keras kita bersama dank arena niat kita bekerja untuk Lombok barat yang kita cintai bersama,” ungkap Wabup.

Menyinggung sisi perencanaan, Wabup mengajak seluruh SKPD se-Lobar untuk terus berkomitmen tinggi menyusunnya dg baik. “Kita telah lakukan Musrenbang, RPJMD artinya pembangunan itu bisa kita rencanakan dengan baik, tingggal implementasinya yang harus sungguh-sungguh dilaksanakan. Mudah-mudahan apa yg direncanakan ini pembangunan di Lobar akan berhasil dengan baik,” tambahnya.

Wabup sampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas krja keras SKPD utamanya Bappeda sebagai ujung tombak pelaksanaan Musrenbang ini. Mudah-mudahan apa yangg sudah dilakukan akan mendapatkan berkah dan apa yg direncanakan dimudahkan jalan oleh Alloh SWT. (wardi) - 05

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru