Sosialisasi Perbup Penguatan KPI

Dompu, KM, Faruk - Sosialisasi Peraturan Bupati tentang Penguatan Komisi Penguatan Irigasi ( KPI) Pada di Tonda Selatan Kecamatan Woja Program Wismp II yang digelar oleh 3 Instalsi terkait Yaitu Bappeda dan Litbang, Dinas Pekerjaan Umum, dan Dinas Pertanian di Aula Gedung Dharma Wanita pada Selasa (21/04) pagi kemarin, membuat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Abdul Muis,melempar harapan untuk semua fungsi dalam KPI ditingkatkan. Hal itu dikatakan oleh Abdul Muis, agar pengelolaan dan pengembangan irigasi berjalan dengan lancar ang sesuai dengan fungsi dan ranahnya.

Dengan berharap yang demikian, Kepala Dinas PU, tersebut juga mengatakan, pada 3 instalsi yang terkait, dalam Perbup tersebut telah dikatakan sudah ada pembagian kewenangan yang jelas, “PU bagiannya pada Saluran Air Primer dan sekunder,” jelas Muis. Meskipun banyak kendala yang ditemui dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai KPI yang ada, Muis mengatakan, semua itu harus ditingkatkan, seperti PU yang mempunyai tugas untuk menyalurkan air dari saluran primer hingga kesaluran sekunder, supaya pembagian air irigas merata sampai pusatnya.

Sementara untuk kebutuhan Air yang berada di embung dan Dam yang ada di Kabupaten Dompu, dinilai oleh Muis, mengalami kekurangan debit air. Hal itu dikarenakan  terjadinya pengempul-pengempulan pada tanah yang menjadi dasar embung, dan juga itu semakin lama semakin tinggi sehingga debit air yang ada pada embung yang seharusnya mengalir secara optimal pada irigasi menjadi terhambat. “Tugas kita adalah untuk menjaga keberadaan air pada embung supaya mengalir sampai dari saluran primer sampai  pada saluran sekunder,” terangnya. “Dengan adanya Perbup ini, untuk menggali kekuatan hukum dalam menjaga dan mengelola Air,” tmabahnya.

Kadis PU juga menjelaskan dalam penyampaiannya, Fungsi Pengguna Air sperti Perkumpulan Petani Pemakai Air, (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air, (GP3A) dan Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) yang terlibat dalam pengembangan pengelolaan Irigasi bersifat Continui (Berkelanjutan) supaya pemakaian air bisa optimal, Hal itu juga lanjut Muis, PU dan Pertanian harus duduk bersama untuk membicarakan lebih jelas fungsi pihak yng terlibat pada Irigasi supaya pemanfaatan air sesuai mekanisme.

Sementara itu, Asisten 2 Bupati Dompu yang sempat hadir dalam kegiatan kemarin, dalam penyampaiannya Ir Ruslan mengatakan, pengelolaan Pengaraian semua pihak harus mendukung Kondisi Petani, sebab Lanjut Ruslan banyak petani yang ada di Kabupaten Dompu yang lahannya beralih fungsi, dari lahan tidur menjadi lahan produktif. “Hal ini kita harus bicarakan secara rutin,” ujar Ruslan. Menyinggung tentang Peratura Bupati nomor 15 tahun 2008 ini, Ruslan mengatakan, Dinas Pekerjaan Umum, dan Dinas Pertanian merupakan unsur pemerintah yang mengembangkan tentang pertauran Bupati tersebut. Selain dari pada itu masih ada banyak pihak yang berasal dari berbagai unsur juga yang harus mengembangkan Perbup ini. [] - 05

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru