Menunggu Instruksi Gubernur Soal Pilkades Serentak

KM Wadu Nocu; Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima hingga kemarin belum ada kejelasan. Pemerintah daerah belum bisa memastikan kapan akan dilaksanakan, mengingat tahun ini juga berbenturan dengan Pilkada. 

Asisten I Setda Kabupaten Bima, Drs H Abdul Wahab mengaku masih menunggu instruksi Gubernur NTB terkait jadwal pelaksnaan pilkades. Awalnya, pelaksanaan pilkades serentak akan dilangsungkan sekitar Juli-Agustus mendatang.

Namun karena bertepatan dengan Pemilukada Kabupaten Bima, sehingga jadwalnya pun belum final. Selain itu, persiapan untuk pelaksanaannya juga belum dilakukan. Apalagi waktu pelaksanaan  pilkades kurang dari dua bulan lagi.

"Kita sudah layangkan surat ke gubernur terkait hal ini. Untuk memastikan kapan akan dilaksanakan Pilkades serentak. Ya tunggu instruksi beliau dulu," katanya.

Dijelaskan, dalam surat itu Bupati Bima mengharapkan agar Pilkades serentak tetap dilaksanakan tahun ini. Namun pihaknya tidak bisa menyimpulkan kepastian kapan akan dilangsungkan pilkades serentak tersebut. "Kalau memang instruksi gubernur harus tahun depan, kita meminta kesabaran masyarakat saja," ujarnya.

Menyoal tentang alasan penundaan Pilkades serentak tahun ini, Abdul Wahab mengaku khawati adanya gesekan politik. Karena pelaksanaan pilkades serentak bertepatan pada tahapan penetapan bakal calon bupati. 

Meski begitu, pihaknya tetap optimis bahwa pilkada dan pilkades serentak akan berjalan lancar walaupun pelaksnaannya berbenturan. "Saya pikir pilkades serentak tidak akan mengganggu pilkada. Meskipun ada gesekan politk," tegasnya.

Sementara itu, sebanyak 57 desa akan mengikuti pilkades serentak tahun ini. Hal itu karena pada 2014 lalu, bersamaan dengan agenda Pemilu Nasional. Yakni Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres). Sehingga pelaksanaan Pilkades di 57 desa yang sedianya dilaksanakan 2014 dialihkan ke 2015. (edo) - 05

 
 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru