PLT Buapti Dompu Resmi dilantik

KM Manggelewa - Kedudukan orang nomor satu di Kabupaten Dompu akhirnya resmi ditempati oleh Agus Patria. Pria yang juga menjabat sebagai Inspektur di Inspektorat NTB tersebut telah dilantik dan diambil sumpahnya sebagai penjabat Bupati Dompu oleh Wakil Gubernur (Wagub) NTB Muhammad Amin, kemarin (11/11).

“Saya ucapkan selamat bekerja dan berkarya kepada Penjabat Bupati Dompu yang baru dilantik,” kata Amin dalam sambutannya.

Agus dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.52-5918 tahun 2015, menggantikan mantan Bupati Drs. H.  Bambang M Yasin dan Wakil Bupati  H. Syamsudin. MM yang telah habis masa jabatannya. Agus akan memimpin Dompu sampai terpilihnya bupati definitif tahun 2015 mendatang

Wagub mengingatkan bahwa secara eksplisit, keputusan Mendagri mengangkat penjabat untuk melaksanakan tugas pemerintahan daerah disertai dengan seluruh lingkup tugas dan kewenangan kepala daerah. Penjabat juga diminta bersikap obyektif, netral, dan adil dalam melaksanakan tugas pemerintahan. Terutama dalam mengawal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) agar pesta demokrasi tersebut bisa berjalan lancar.

“Kawal proses Pilkada agar berjalan sukses,” pesan Amin.

Secara khusus, orang nomor dua di NTB itu meminta penjabat yang dilantik agar mengawasi netralitas PNS jelang Pilkada mendatang. PNS harus dijaga agar tidak terlibat dalam politik praktis.

“Tak kalah pentingnya juga, penjabat harus merawat kondusifitas daerah dari konflik horisontal dan vertikal, agar proses pilkada dapat berlangsung sesuai koridor perundang-undangan yang berlaku”, kata Amin.

Segera setelah mengembang tugasnya yang baru, Agus dipesan agar membangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat. baik jajaran pemerintah dan seluruh komponen lain. “Dengan segala hormat saya meminta segenap jajaran pemerintahan, serta segenap elemen masyarakat di Kabupaten Dompu ini dapat menerima dan memberikan dukungan yang positif kepada penjabat bupati untuk melaksanakan tugasnya dengan baik,” pungkasnya.

Agus sendiri menyanggupi amanah dari Wagub NTB tersebut. Ia berjanji akan bersikap tegas kepada PNS yang terlibat dalam politik praktis. Apalagi, jika keterlibatan mereka didukung oleh alat-alat bukti.(Humas) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru