Desa Harus Terapkan SID

Lombok Utara, KM Primadona FM - Kepala BPM PPKB PEMDES Lombok Utara H. Jayadi N. mengatakan setiap desa di KLU harus menerapkan Sistem Informasi Desa (SID), sehingga semua informasi tentang Desa dapat di akses oleh masyarakat dan Pemerintah baik ditingkat daerah maupun di tingkat pusat.

Hal tersebut disampaikan H. Jayadi, saat melakukan evaluasi kegiatan tim penyusunan database di aula kantor Bappeda KLU, 17/11/15.

Sementara kepala Bidang Sarpras pada kantor Bappeda KLU, Kurniati M SPt menegaskan Sistem Imformasi Desa itu bukan milik Bappeda tetapi milik desa sehingga Bappeda tugasnya mendorong desa untuk membangun SID dan proses pelayanan pablik di desa, sehingga desa bisa menjadi maju dan berdaya saing.

Hasil Pengimputan data Penduduk Pada Sistem Informasi Desa Kabupaten Lombok Utara selama 6 bulan terakhir di  33 Desa  yang terdiri dari 345 dusun oleh tim SID KLU,  bahwa yang sudah di input baru  71 %, kendalanya adalah  SDM oprator SID belum maksimal.

Sedangkan ketua Asosiasi Kepala Desa ( AKAD ) sekaligus  Kepala Desa Gondang Jauhari menyampaikan bahwa oprator SID  tidak bisa di mendapatkan oprasional dari ADD  padahal oprator SID ini adalah sebagai perangkat Desa sehingga oprasionalnya dari APBdes. "Jadi dimohon kepada Kepala BPM PPKB dan Pemdes Lombok Utara untuk mengusulkan di Pusat agar Oprator SID menjapatkan haknya", pinta Jauhari.

Dari data yang dihimpun pendamping SID Kecamatan Bayan dan Kecamatan Kayangan menunjukkan, bahwa data yang yang sudah diinput oleh oprator sid pada web yang masih offline antara lain, Desa Akar-Akar, 50 persen, Sambik Elen, 100 persen,  Loloan, 66,67 persen, Bayan, 59,33 persen, Senaru, 75 persen, Sukadana, 94,12 persen, Mumbulsari, 90,91 persen, dan Desa Karang Bajo yang webnya sudah online baru mencapai 75 persen.

Sementara untuk Kecamatan Kayangan, desa yang sudan menginput data yiatu, Desa Selengen, 100 persen, Salut, 100 persen dan beberapa desa lainnya sudah diatas rata-rata 50 persen. (Primadona) -01

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru