Hari UMKM Ke 1 di NTB

“UMKM Kuat Bangsa Berdaulat” inilah salah satu tema dalam rangka Hari UMKM 1 (pertama) yang jatuh pada tanggal 12 agustus 2016. Untuk mengisi Hari UMKM ini dan HUT Kemerdekaan RI ke 71 Gerakan Koperasi dan UMKM tadi pagi (21/8) menggelar berbagai macam kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Koperasi UMKM NTB.Kegiatan diawali dengan jalan santai yang diikuti oleh gerakan koperasi dan UMKM seluruh pegawai lingkup Dinas koperasi UMKM NTB, pejabat dinas terkait. Jalan santai yang dibuka oleh Kadiskop UMKM NTB HJ.Putu Selly Andayani ini dimulai dari depan Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB dan finish di Tugu Gora jalan Udayana.


Puncak kegiatan Hari UMKM 1 dan HUT RI ke 71 yang dipusatkan di Taman Bumi Gora Udayana ini juga dihadiri oleh Deputy Restrukturisasi Kemenkop dan UKM RI beserta jajarannya, Assisten 2 Setda Prov NTB,Kepala SKPD Lingkup Provinsi NTB dan Kota Mataram dan para Sponsorship yg berpartisipasi utk mensukseskan Hari UMKM 1.


Kepala Dinas UMKM NTB HJ.Putu Selly Andayani dalam laporannya mengatakan tgl 12 Agustus 2016 pencanangannya telah dilakukan di beberapa provinsi diantaranya Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur,dan Lampung sebagai bentuk penghargaan bagi tokoh pejuang KOPERASI UMKM yaitu Bung Hatta yg disesuaikan dengan tanggal dan bulan kelahirannya tgl 12 Agustus.

Kata Hj.Putu Selly Andayani, acara Hari UMKM 1 ini terselenggara


berkat dukungan dari gerakan KUMKM berupa sumbangan paket door prize dan souvenir dari pelaku KUMKM dan mitra kerja BUMN dan BUMD, Perbankan dan Perhotelan. Dalam puncak acara ini juga di Louncing Kampung UKM Digital, didasari adanya MOU antara kemenkop dan UKM RI dengan PT.Telkom Persero dalam upaya meningkatkan daya saing KUMKM sekaligus sebagai wadah dalam meningkatkan promosi dan pemasaran produknya melalui IT, sehingga PT Telkom Persero memberikan peralatan teknologinya sekaligus Layanan Internet Gratis selama 1 thn.

Sambung Selly, Kampung UMKM Digital dipusatkan pada daerah2 sentra berbasis Koperasi sesuai Produk Unggulan Daerah seperti Sentra Mutiara, Gerabah, Tenun, Ketak Cukli dan lainnya. Lebih dari 61 Sentra di NTB yg akan menjadi sasaran. Sentra yg telah dicanangkan diantaranya Sentra Mutiara di Sekarbela Kota Mataram, Sentra Temerodok di Sakra Lotim dan hari ini rencana akan di lounching oleh Gubernur NTB DR.M.Zainul Majdi,MA yakni kampung UKM Digital Sentra Cukli Rungkang Sayang2 Kota Mataram. Lebih jauh Selly mengatakan serangkaian peringatan Harkopnas ke 69 tangal 12 July 2016 lalu telah dilakukan penilaian Koperasi Berprestasi dari tingkat Kabupaten dan Kota sampai tingkat Nasional, dan untuk tingkat Provinsi telah ditetapkan 3 pemenang


sekaligus diberikan uang pembinaan sesuai SK Gubernur, antara lain Juara I Koperasi Karyawan Katala New mont diberikan penghargaan berupa uang sebesar Rp 9 jt, Juara II Koperasi Karyawan Mega Makmur Kota Mataram diberikan penghargaan berupa uang sebesar Rp 8jt, Juara III Koperasi Kelompok Tani Bina Usaha Lombok Tengah diberikan penghargaan berupa uang sebesar Rp 7 jt, Juara Harapan Koperasi Karyawan Telkom Palapa Mataram diberikan sebesar Rp 6 jt. 4, selain itu, penyerahan Sertifikat HALAL secara simbolis bagi 150 UKM Binaan, 5 Penyerahan secara simbolis Peralatan Usaha bagi KUMKM, 6 Penandatanganan Hibah Gedung PLUT dari Kemenkop ke Prov. NTB.

Dengan berbagai kegiatan yang di lakukan oleh Diskop UMKM NTB dan Instansi terkait lainnya diharapkan KUMKM NTB naik kelas.


Gubernur NTB yang diwakili oleh Asisiten 2 Provinsi NTB, H.Lalu Gita Aryadi mengapresiasi kepada Deputi Kemenkop dan UKM RI berserja jajarannya, keluarga besar Dinas Koperasi UMKM NTB, Pelaku Koperasi, para Penggiat UMKM dan para sponsor yang telah berkontribusi dan berpartisipasi sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik dan meriah.

Kata Gita Aryadi, pemerintah provinsi NTB menyambut baik langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kadiskop UMKM NTB beserta jajarannya yang didukung oleh Kemenkop dan UKM RI seperti adanya Kampung UMKM Digital, penandatanganan MoU,pemberian peralatan  dan lain sebagainya.




Mudah-mudahan kata Gita Aryadi, semua upaya ini ikhtiar sungguh-sungguh kita semua untuk memajukan UMKM kita agar kedepan menjadi sebagaimana yang kita pekikkan tadi “UMKM Hebat, Koperasi Kuat, Indonesia Jaya sanggup menghadapi berbagai tantangan menjelang dan pelaksanaan MEA yang sudah bergulir pada tahun 2015 yang lalu. Diharapkan juga dapat terwujudnya NTB sebagai Destinasi Pariwisata khususnya Destinasi Wisata Halal.

Gita Aryadi mengajak segenap UMKM mempersiapkan diri menyiapkan cendara mata atau apapun namanya agar wisatawan yang berkunjung atau yang diundang ke NTB pulang dengan membawa berbagai cendra mata atau buah tangan dari NTB yang itu dihasilkan oleh UMKM-UMKM yang ada di NTB.


Usai penandatanganan MoU, pemberian peralatan serta pemberian penghargaan kepada koperasi berprestasi kemudian dilakukan penandatanganan dukungan terhadap UMKM dengan g rbtanda tangan pada spanduk yang bertuliskan Dukungan terhadap UMKM, selain itu pengundian Door Price dengan berbagai macam hadiah dari sponsor dengan hadiah utama berupa sepeda motor Honda BeAT.() -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru