Kemenkop & UKM RI Dukung Kampung UMKM Digital


Disela berlangsungnya acara Hari UMKM ke 1 di Tugu Gora Udayana (21/8) kepada sejumlah wartawan Deputi Bidang Rstrukturisasi Usaha Ir.Yuana Sutyowati,MM mengatakan sebagai bentuk dukungan terhadap kampong UMKM digital Kementerian Koperasi dan UKM RI telah bekerjasama dengan PT.Telkom .

“Saya Bidang Restrukturisasi Usaha telah MoU dengan PT.Telkom tanggal 25 mei, mengapa, karna kami tahu Telkom punya program 300 titik, biayanya 300 juta pertitik dari uang mereka, bukan CSR, satu tahun gratis 30 sampai 40 mega bite, mereka menarik fiberoftik itu harganya milyaran yang tidak bisa dilakukan oleh APBN dan APBD, dan duit itu tidak bisa dispendingkan dari kami”. Ujar Yuana

Jadi kata Yuana PT.Telkom memberikan pemakaian dulu baru bayar, kalau isltilah restaurant, hari ini gratis besok bayar, peluang seperti ini yang ditangkap dan menitipkan beberapa sentra UKM yang lepas dan 49 PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) seluruh Indonesia dan 2 berada di NTB.

Lebih jauh Yuana mengatakan dana untuk usulan kabupaten lain untuk pembangunan gedung PLUT sudah banyak, satu titik 3 sampai 4 milyar untuksatu  gedung PLUT, dan tahun ini targetnya targetnya ada 265 gedung PLUT yang menjadi rumah UKM.

“Nah dengan MoU saya, 49 PLUT seluruh Indonesia itu menjadi pusat equaternya dari  pada UMKM digital tapi kampong digital lain boleh disentral dan yang ini akan lahir di PLUT . Dan di PLUT akan diajarkan pelatihan bagaimana mengakses intrenet, bagaimana mereka mempromosikan produknya lewat website atau internet. Kita tidak bayar lagi dengan APBN lagi, kreen kan? Jadi sekali tembak kita raih sumber daya dia dan dia seneng, karna mereka biasanya membuat tenda darurat untuk kampong UMKM digital, dengan gedung PLUT mereka seneng, sentranya sudah ada”. Kata Yuana yang saat itu didampingi oleh Kadiskop UMKM NTB.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru