Upacara Hari Pahlawan di Batulayar

Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember 2016 di Kecamatan Batulayar berlangsung sukses. Upacara yang dilaksanakan di halaman Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Batulayar ini dihadiri oleh seluruh instansi yang berada di wilayah Kecamatan Batulayar. Bertindak sebagai Pembina Upacara Camat Batulayar, Suparlan, komandan upacara Rumentas dari perwakilan TNI dan perwira Bripka Jumaidi sebagai perwira perwakilan dari Polri, Jumaidi juga menjabat sebagai Babin di wilayah Batulayar.

Persiapan upacara mulai pukul 07.00 Wita. Semua undangan sudah memenuhi halaman SMAN 1 Batulayar dan telah bersiap untuk mengikuti kegiatan. Salah satu hal yang menjadi perhatian peserta apel pada kegiatan upacara ini adalah pembaca naskah Undang-Undang Dasar 1945. Pembacaan Teks Undang-Undang Dasar, sebagaimana biasanya terlihat adalah menggunakan teks, namun berbeda dengan Sarki yang menjadi petugas pembaca Undang-Undang Dasar 1945. Saat memberikan laporan pembacaan naskah Undang-Undang Dasar, Sarki yang juga menjabat sebagai guru di SD Batulayar ini tanpa membawa teks alias menghapal.

Dengan suara lantang, penuh percaya diri Sarki menghapalkan teks Undang-Undang Dasar 1945. Menghapal naskah Undang-Undang seperti yang dipertontonkan oleh Sarki kali pertama dilakukan. Dan hal tersebut menjadi perbincangan kecil usai pelaksanaan upacara bendera. Upacara berlangsung normal saat Camat Batulayar menyampaikan amanat.

Sebagian dari isi amanat yang dibacakan oleh Pembina Upacara adalah mengingatkan kita semua akan jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa, tanah air Indonesia. Perjuangan para pahlawan-pahlawan hebat perlu menjadi contoh bagi kita semua. Para pahlawan memperjuangkan, merebut tanah air dengan darah, ikhlas, hal-hal tersebut yang perlu menjadi motivasi kita, terutama sebagai abdi masyarakat bangsa dan negara, demikian bagian isi amanat yang disampaikan oleh Suparlan selaku Pembina upacara.

Usai pembacaan amanat, apel diselangi oleh lagu-lagu bertemakan perjuangan seperti Maju Tak Gentar diiringi Marching Band oleh siswa-siswi SDN 1 Meninting. Acara selesai ditutup oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Batulayar, Syamsul Hadi, M. Ag. Usai pelaksanaan apel, Pemerintah Kecamatan beserta dengan Muspika langsung beramah-tamah. Selamat Hari Pahlawan..() -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru