Tingkatkan Kerukunan Antar Umat Beragama

Mataram, Inmas _Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Provinsi Nusa Tenggara Barat di ahir Tahun 2016 ini memprogramkan Safari/kunjungan dan Komunikasi antar ormas keagamaan yang dikemas dalam tajuk "Safari Kerukunan Umat Beragama" yang berada di Kabupaten/Kota se Nusa Tenggara Barat.

Sesuai agenda program yang dilaksanakan 10 putaran ini adalah merupakan agenda yang sangat penting sebagai ajang silaturahmi dalam dialog antar umat beragama untuk meningkatkan kerukunan umat beragama dan sebagai upaya preventif meredam konflik antar umat beragama. Demikian di sampaikan Kasubag Hukum dan FKUB Kanwil Kemenag Provinsi NTB dalam acara safari kerukunan umat beragama putaran II di Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, beberapa hari yang lalu yang diikuti seluruh pengurus FKUB, penyuluh semua agama, guru semua agama, Petugas Kesbangpol, MUI, Perwakilan Umat Buddha Indoensia (Walubi), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI).

Menurut H. Suardi seiring bergulirnya reformasi bahwa bahaya disintegrasi muncul dalam berbagai bentuk konflik horizontal yang dipicu faktor politik, sosial, budaya, dan juga sentimen agama. Fragmen-fragmen pertikaian tersebut, menjadi ancaman bagi keutuhan NKRI secara menyeluruh. Kebebasan dalam berpendapat menjadi pemicu bagi setiap kelompok untuk menyuarakan aspirasi dan faham yang dianut, selain itu faktor-faktor lain yang secara tidak langsung memiliki andil, seperti kesenjangan ekonomi, persaingan lahan kerja, dominasi politik, atau perebutan pengaruh.

Output dari kegiatan Safari Antar umat beragama ini diharapkan mampu merumuskan masukan tentang langkah-langkah kebijakan yang mensinergikan program, baik dengan pemerintah pusat, juga antar pemerintah daerah, utamanya dalam pembinaan, pengawasan, anggaran dan pemberdayaan ormas keagamaan ke depan, Semoga program tersebut dapat memotivasi semua pihak untuk menjalin terbentuknya komunikasi yang harmonis antar umat beragama, setiap ada masalah bisa dimusyawarahkan yang akhirnya tercipta kerukunan antar umat beragama imbuhnya.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru