Warung Informasi Jendela Data NTB

Untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan informasi dan data di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DisKominfotik) membuat program publikasi untuk mempermudah mengakses seluruh informasi dan data memalui websait di Warung Informasi.

Program Warung Informasi merupakan program yang dikembangkan oleh Balai Informasi Teknologi dan Edukasi (Balai ITE) Diskominfotik NTB di jaringan internet yang berbentuk website. Program Warung Informasi berisi data-data disemua bidang, baik itu data pertanian, peternakan, kependudukan, geografis dan data lainya.

Informasi yang berisi data didapat dari berbagai sumber, baik itu dari Badan Pusat Statistik (BPS), Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Informasi geografis  dan bahkan data-data dari desa-desa yang ada di wilayah Propinsi NTB.

Kepala UPTD Balai ITE Diskominfotik NTB, Abel Samsul Hatuina, S.Pi, MM, menjelaskan Secara teknis, dari ide, pengembangan, sarana prasarana,  tempat dan pengumpulan data dikerjakan oleh Balai ITE dengan sumber daya alam (SDM) yang ada disini,” kata Pria Kelahiran Jakarta ini.

Berbicara masalah data selama ini berisi data Tabular yang banyak diakses oleh masyarakat, namun Balai ITE mencoba mengembangkan data secara spasial atau pemetaan sehingga kami mampu membuat data tabular menjadi data spasial dalam wersi website yang berisi Tabular, grafik dan Peta.

Lebih lanjut Abel menambahkan, selama ini data-data seperti di BPS sistemnya Tabular atau berjenjang, misalnya di BPS Propinsi berdasarkan BPS Kabupaten dan BPS Kabupaten berdasarkan data di Kecamatan.

"Kalau kami mengambil data di tingkat desa, namun semua data tetap saya pakai dan gabungkan sehingga mendapatkan data yang lengkap,untuk di publikasi karena kelengkapan fasilitas mumpuni disini, ” lanjut Abel.

Data ini dapat di akses lewat website dimanapun yang dijangkau jaringan internet dan terupdate setiap saat. Kedepan Balai ITE mencoba mengembangkan aplikasi untuk system android sehingga mudah di akses lewat Telepon Pintar

Masyarakat yang belum mengetahui keberadaan Balai ITE, Abel mengajak masyarakat untuk mengenal dan mengunjungi Balai ITE di Gedung UPTD Bale ITE Jl. Majapahit No. 12 Mataram –  Nusa Tenggara Barat  atau dalam  jaringan di  http://baleite.ntbprov.go.id/warunginformasi.

Warung Informasi ini merupakan produk unggulan Diskominfostik UPTD Balai ITE NTB, program yang berisi informasi dan data di NTB. Warung Informasi berisi data terupdate , memudahkan dan memberikan pelayanan bagi masyarakat. (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru