Diskominfo KLU Bentuk Forum KIM


Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lombok Utara membentuk Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), (13/9). Forum ini di bentuk agar memfasilitasi sejumlah KIM yang tersebar di semua Kecamatan dan Desa yang ada di Lombok Utara. Kegiatan ini berlangsung di Aula kantor camat Gangga Kabupaten Lombok Utara (KLU). Kegiatan yang berlangsung 3 hari ini, di ikuti 20 peserta yang dari masing-masing kecamatan dan desa di KLU. 

Kegiatan ini buka secara resmi oleh Kepala Dinas Diskominfo Kabupaten Lombok Utara, Kawit Sasmita, SH. Selasa (12/09). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pengelola Informasi, Komunikasi dan Publikasi (PIKP), Drs. Nanang Hermansyah, Kepala Seksi (Kasi) Persandian, Sukardin, SE Diskominfo KLU.

Kepala Dinas Diskominfo KLU, Kawit Sasmita, SH. Mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program Diskominfo untuk membina dan mengkordinasikan anggota KIM yang ada di KLU.  KIM adalah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari oloh dan untuk masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk Pembinaan bagi KIM yang ada di wilayah KLU. Kita harus bersinergi dengan KIM ini, karena penyampai informasi di masyarakat, kalau istilahnya KIM adalah corong pemerintah di bawah sebagai media penyampai dan penyambung informasi,” jelas pria asal Banyuwangi yang biasa dipanggil Pak Kasas ini.


Kegiatan ini juga menghadirkan nara sumber dari Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), diwakili oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Ach. Fairuz Abadi, SH

Kehadiran Kabid IKP Kominfotik NTB ini mendapat simpati peserta karena materi yang disampaikan selalu diselipakan pesan-pesan yang memotifasi dan membangkitkan semangat anggota KIM se Kabupaten KLU dalam penyampaikan dan penyebarkan informasi kepada masyarakat.

“Pada dasarkam KIM merupakan anggota Jamaah (berkumpul) selama ini kita hanya mengenal berjamaah dalam sholat saja, kita juga harus berjamaah di masyarakat dalam rangka menyampaikan informasi yang baik dan mencegah informasi yang tidak baik kepada masyrakat dimana saja anda berada,” ujar Fairuz.


Fairuz menambahkan, “KIM merupakan kelompok masyarakat yang bertugas untuk bersilaturrahim masyarakat dalam menyerap[ dan menyamoaikan inoirmasi yang bermanfaat bagi masyarakat, berkunjung dari rumah ke rumah dan memberikan pencerahan kepada masyarakat, menyampaikan berita atau informasi yang baik,” katanya.

Penyampaian yang lugas dengan bahasa-bahasa yang sederhana disampaiakan oleh penggagas Program Kampung Media NTB dengan moto sampaiakan informasi bermanfaat walau satu kalimat ini memantik peserta sehingga rasa antusias mendengarkan materi yang disampaikan dengan slogan dan jargon khas Abu Macel yang kadang-kadang menimbulkan tawa dan tepuk tangan, karena materi yang sampaikan memotifasi dengan bahasa yang dikemas dengan apik. (Edy dan Ahyar)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru