Dengan Nilai Pancasila Tetap Jaga NKRI

KM LENGGE,- Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2 Oktober 2017, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengajak para ASN untuk mengambil hikmah dan mengenang kembali tragedi berdarah 30 September 1965 yang menewaskan para pahlawan Revolusi.

Peristiwa G30S PKI merupakan bentuk upaya untuk mengganti dasar negara dan falsafah Pancasila dengan ideologi Komunis. Namun berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa serta perjuangan dan doa dari seluruh bangsa Indonesia, pancasila tetap menjadi dasar negara serta falsafah hidup bangsa dan negara kita hingga kini. Untuk itulah, pada setiap tanggal 1 Oktober kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017 adalah Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Massyarakat Adil Dan Makmur. ” Tema ini sejalan dengan semangat kita untuk terus berikhtiar menjalin kebersamaan sesuai nilai-nilai luhur pancasila yang merupakan warisan pengalaman para leluhur kita, dimana nilai-nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan senantiasa menjadi pedoman dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Semua itu tentu dilandasi oleh nilai-nilai ketuhanan dan kemanusiaan di dalam butir pancasila yang selama ini menjadi fondasi kehidupan kita.” Kata Dinda. 

Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa mengandung nilai yang cukup lengkap dan universal. Sila-sila Pancasila dapat menginspirasi kita semua untuk bertindak dan berperilaku Pancasilais yaitu pribadi yang taat kepada perintah Tuhan dan menjauhi larangannya, pribadi yang berperi kemanusiaan, pribadi yang menjunjung tinggi persatuan dan musyawarah, serta pribadi yang menunjung tinggi nilai-nilai keadilan menuju kesejahteraan bersama. (Efan)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru