Diskominfotik NTB Gelar Sambung Rasa KIM Lombok Barat

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan sambung rasa antar anggota Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Lombok Barat, Selasa (03/10). Kegiatan tersebut digelar di aula kantor desa Mekar Sari kecamatan Narmada Kabupaten Lombor Barat NTB.

Kegiatan ini merupakan program yang diselenggarakan setiap tahun dengan tujuan untuk membina KIM dan Kampung Media agar tetap mengelola dan mengabarkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnyanya.


Sebanyak 20 KIM yang tersebar di Lombok Barat hadir dalam acara sambung rasa dan silaturahmi tersebut. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabid Informasi, Komunikasi Publik (IKP) Diskominfotik NTB, Ach. Fairuz Abadi, SH, Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Drs. I Dewa Ngurah Sarjana Diskominfotik NTB, Kasi Komunikasi Publik Diskominfotik Lombok Barat,  Hernawardi, Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah Sekretaris Desa Mekar Sari Abdul Satar dan staf desa Mekar Sari.

Kabid IKP Diskominfotik Prov. NTB, Ach. Fairuz Abadi dalam arahannya menekankan bahwa kegiatan sambung rasa adalah uruk rembuk tentang apa yang yang di inginkan oleh KIM Lombok Barat. Program apa yang akan dikerjakan oleh KIM ke depan ini.  

Disamping sambung rasa atau silaturahmi antar anggota KIM, kegiatan ini juga untuk penguatan kapasitas dan fungsi KIM. Bagaimana KIM bekerja, bagaimana seharusnya yang dilakukan oleh KIM

“KIM berfungsi sebagai penyebar informasi, semua kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat di desa-desa atau kampung-kampung anda, baik itu berita yang berhubungan dengan kegiatan ekonomi, pertanian, peternakan dan lain-lainnya, sebarkan, kabarkan kepada orang lain baik di daerah anda bahkan seluruh penjuru dunia dengan menulis dan menyebarkan lewat internet, baik blog-blog, website-website yang anda miliki atau pemerintah miliki ,” ujar Fairuz.


Fairus juga menambahkan “Kalau informasi hanya berputar di sekitar anda, ya tidak usah bentuk KIM, Kalau KIM itu menyebarkan informasi secara berjejaring agar informasi itu tersebar di semua media,” kata pria yang energik ini.

 

Lombok Barat sudah terbentuk forum KIM, oleh sebab itu dengan kegiatan Sambung Rasa maka sinergi antara program KIM oleh Diskominfotik Lombok Barat dan Dishubkominfotik Propinsi NTB harus ada sehingga program yang diselenggarakan tahun 2018 bisa lebih banyak program yang kita laksanakan.

(Edy/okta)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru