Pemkab Kebumen Belajar Penerapan BLUD Puskesmas


LOMBOK BARAT-KM. Ingin mempelajari tentang Penerapan Pola Pengelolaan Keuangan (PPK), Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (12/10) melakukan kunjungan ke Kabupaten Lombok Barat (Lobar). Kedatangan rombongan yang dikomandoi Bupati Kebumen H.M.Yahya Fuad, disambut langsung oleh Bupati Lobar, H. Fauzan Khalid beserta jajaran Dinas Kesehatan, SKPD terkait di Ruang Rapat Jayengrane, lantai II Kantor Bupati di Giri Menang-Gerung.


Bupati Kebumen, H.M.Yahya Fuad, memuji konsep penerapan PPK-BLUD Pukesmas di kabupaten Lobar. Menurut dia penerapan PPK BLUD Puskesmas di daerah patut Patuh patjuini telah dinilai berhasil, apalagi disertai dengan menerapkan sistem berbasis e-Pustu, e-Posyandu dan e-Pukesmas. Sementara di kabupaten Kebumen kata Yahya, memiliki 35 Pukesmas, namun Pola Pengelolaan Keuangan di BLUD masing-masing Pukesmas belum 100 persen. “Bagaimana dengan p[enerapan PPK BLUD di Lombok Barat ?” tanyanya.

Segala informasi yang diperoleh pada kunjungan ini, Yahya berjanji akan menerapkannya di daerah Kebumen. "Insya Allah kami bersama jajaran SKPD terkait terutama Dinas Kesehatan akan menjadikan informasi ini sebagai freferensi," janjinya.


Menjawab hal itu, Bupati H. Fauzan Khalid menyampaikan, Kabupaten Lombok Barat hanya memiliki 17 Pukesmas. Rencananya, tahun 2018 mendatang, akan ditambah dua pukesmas lagi. Dari 17 Pukesmas yang beroperasi, semuanya sudah menerapkan PPK-BLUD. "Setelah diterapkan, perbedaannya menjadi jauh lebih baik, lebih bagus, lebih produktif," sanjung Fauzan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan kab Lobar, H.Rachman Sahnan Putra dalam kesempatan itu memberikan ppaparan. Kata Rachman, beberapa hal sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait dengan penerapan PPK-BLUD pada fasilitas pelayanan kesehatan, sudah sesuai dengan UU No. 44/2009 (Pasal 7 dan Pasal 20). Rumah Sakit milik pemerintah/pemda, dikelola dengan menerapkan PPK-BLUD sesuai dengan peraturan per UU-an []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru