Purbalingga, Adopsi Bumdes dan Pariwisata di Lobar


DPRD Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Rabu (18/10) melakukan lawatannya ke kabupaten Lombok Barat (Lobar). Maksud kunjungan kerja Komisi I dan Komisi III DPRD Purbalingga ini, untuk mengadopsi kebijakan Undang-Undang No.6 tahun 2014 tentang Desa khususnya pengelolaan Bumdes. Demikian juga untuk Komisi III, terkait pengembangan destinasi pariwisata. “Sesungguhnya kami datang untuk mempelajari dan mengadopsi masalah Bumdes dan Pariwisaia,” kata Ketua DPRD Purbalingga, H.Tongat, SH,MM yang  diterima Pemkab Lobar di Ruang Umarmadi Lt.II Kantor Bupati Lobar di Giri Menang-Gerung.


Kata Tongat, terkait UU No.6/2014 tentang desa ini, ada sejumlah pertanyaan yang menjadi titik terang harapan kungkernya. Pertanyaannya adalah, apakah di Lobar sudah mengimplementasikan UU ini. Bagaimana tahapan dan alur, serta mekanismne pembentukan, pengelolaan dan pelaporan Bumbes. Apa saja bentuk usahanya. Pertanyaan berikutnya, sejauh mana Bumdes Lobar mampu menyumbang APBdes sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lobar.

Berikutnya, dalam rangka mencapai sasaran pembangunan kepariwisataan, langkah apa saja yang ditempuh pemkab Lobar untuk mendukung destinasi pariwisata. Apakah pemkab Lobar melakukan kerjasama dan koordinasi dengan lembaga, baik di tingkat pusat maupun daerah dalam kegiatan maupun promosi. Sejauh mana peran masyarakat dalam pengembangan pembangunan pariwisata, serta berapa besar pendapatan dari sektor pariwisata dalam menyumbang PAD. “Hasil kujungan silaturahmi ini, semoga akan mendapat wawasan pengetahuan untuk Komisi I dan III,” kata Tongat.


Menjawab seluruh pertanyaan tersebut, Bupati Lobar melalui Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Lobar, Drs.H.Poniman menimpali. Namun sebelum menjawab pertanyaan, secara rinci Poniman sedikit mempromosikan potensi destinasi wisata yang ada di wilayahnya. Salah satu paparan destinasi yang menjadi kekaguman rombongan adalah Air Awet Muda-Narmada. “Konon jika diminum atau membasuh wajah, dengan izin Allah akan menjadi awet muda,” sanjung Poniman. Sanjungan lain juga datang dari Sekretaris Pariwisata Lobar, Yeni menambahkan kalau dirinya sering minum air awet muda ini. “Asal ibu bapak tahu, umur saya mau menjelang pensiun,” papar Yeni yang disambut senyum sumringah tamu rombongan. Nampak wajah mereka seperti keheranan, penasaran ingin mencoba kekhasiatan dari Air Awet Muda ini.

Usai memberikan informasi, kedua daerah baik pemkab Lobar maupun tim DPRD Purbalingga, saling bertukar cinderamata. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru