Perangkat Desa Harus Paham Tupoksi

Pembinaan Peningkatan Aparatur Desa di Desa Batulayar Senin 27/11/2017 di Aula Kantor Desa Batulayar berjalan sesuai yang diharapkan. Hesti fasilitator Desa di Lombok Barat hadir sebagai narasumber. Peserta pembinaan terdiri dari perangkat desa dan perangkat desa unsur kewilayahan yang terdiri dari para kepala dusun se Desa Batulayar.

H. M. Taufiq, Kepala Desa Batulayar membuka acara dengan resmi. Dalam sambutannya, Kepala Desa Batulayar mengatakan bahwa mengetahui ilmu pemerintahan di Desa tidak mudah. Banyak ilmu yang harus diketahui terutama menyangkut masalah pekerjaan atau yang dikenal dengan istilah tupoksi masing-masing perangkat. Tujuan dari pembinaan ini adalah untuk menimba ilmu, bukan hanya untuk saya, namun untuk kita semua selaku pemerintah desa. Disamping itu, tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari Undang-Undang Desa.

Kepala desa Batulayar itu berapan bahwa kegiatan tersebut dapat berjalan sesuai denga apa yang diharapkan. "Saya adalah kegiatan ini diikuti sampai tuntas, ini ada tujuh Kepala Dusun yang hadir sisanya kita tidak tahu, padahal kegiatan ini sangat vital. Bila ada pertanyaan dari masyarakat Kepala Dusun bisa memberikan penjelasan, dan intinya aparat desa harus pahami tupoksinya masing-masing agar bisa bekerja, dengan itu artinya kegiatan ini penting diikuti," ungkap Taufiq di tengah-tengah memberikan sambutan.

Sementara itu, Narasumber Hesti memberikan materi terkait dengan tugas dan pokok fungsi dari masing-masing aparat desa. Hesti menjelaskan dari detail terkait dengan pemerintahan Desa. Salah satu materi yang disampaikan Hesti adalah pengetahuan masayarakat tentang pengertian Pemerintah Desa dan Pemerintahan Desa. Kalau menjelaskan semua tupoksi yang ada di Pemerintah Desa, mungkin tidak cukup sehari, karena terlalu banyak yang akan dijelaskan. Untuk itu, nanti kita akan lebih banyak diskusi terakit dengan masalah-masalah yang dihadapi di Pemerintah Desa, demikian tutur Hesti. Hadir pada kegiatan ini antara lain Babinmaspol, Babinsa, perwakilan Kecamatan sebagai peserta kegiatan.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru