Rakernas Sekretariat KI Se- Indonesia Ditutup

Wakil Komisi Informasi (KI) Pusat I Gede Narayana,  menutup secara resmi Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) Forum Komunikasi Sekretariat KI se- Indonesia, yang berlangsung selama 2 hari, Kamis Sore (01/03) di Ballroom Hotel Grand Legi Mataram.

Dalam sambutannya Wakil Komisi Informasi (KI) Pusat I Gede Narayana menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan yang tetap di gelar setiap tahunnya. Salahsatu latar belakang terselenggaranya acara Rakernas sekretariat KI se-Indonesia yakni membahas isu-isu terkini.


Hasil kesepakatan akhir Rapat Kerja Nasional ( Rakernas ) bagaimana menyatukan persepsi dan pendapat untuk menyamakan struktur KI se Indonesia. Namun hasil ini tetap berpijak kepada aturan-aturan yang ada. “Meskipun pada dasarnya sekretariat ingin mandiri, namun melihat ranah peraturan dan regulasi itu belum memungkinkan untuk mandiri,” ujar I Gede Narayana.

Kemudian ujarnya, “Namun kita sepakat KI se-Indonesia untuk memperjuangkan dalam menyatukan persepsi kearah yang lebih baik, tetapi disisi lain apa yang ada sekarang dengan bentuk yang seragamkan misalnya strukturnya mudah-mudahan menjadi solusi sementara untuk meningkat kinerja KI yang lebih baik lagi,” kata Wakil Ketua KI Pusat ini.

Kegiatan yang berisi diskusi dari awal acara berjalan dengan lancar, salahsatu tema yang di bahas adalah eksistensi sekretariat Komisi Informasi dalam mendukung pelaksanaan tugas, fungsi dan kewenangan Komisi Informasi, dengan tujuan untuk menyamakan persepsi antara KI pusat dan KI provinsi serta kabupaten/kota, khususnya mengenai kesekretariatan.


Rencana perubahan Permen Kominfo Nomor 14 Tahun 2016 tentang pedoman nomenklatur perangkat daerah bidang IKP dan tema   tentang kelembagaan sekretariat KI provinsi pasca berlakunya UU nomor 23 Tahun 2017 dan eksistensi sekretariat KI provinsi dengan adanya rancangan peraturan pemerintah tentang pelaksanaan urusan pemerintah kongkuren, juga di panelkan dalam diskusi panjang dari pagi hingga sore hari.

“Di penghujung kegiatan tersebut disimpulkan hasil rekomendasi yang menjadi acuan untuk terus meningkatkan komunikasi dan menghasilkan rekomendasi dalam mendukung tugas dan fungsi yang akuntabilitasnya dapat dipertanggung jawabkan, “tutup Wakil Komisi Informasi (KI) Pusat I Gede Narayana saat di wawancarai usai kegiatan tersebut.   (Edy/Hamjah/Man/Iksan)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru