BAPPEDA NTB Gelar Pelatihan Menulis Karya Ilmiah


Badan Perencanaan  Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia-Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (LIPI-PDII) Jakarta, Rabu (14/3) di ruang rapat Geopark Rinjani Bappeda NTB.

Mewakili Kepala Bappeda NTB, Ir.Ridwan Syah, M.Sc.,MM., MTP , Kepala Bidang (Kabid)Penelitian dan Pengembangan (Litabang), Retno Untari, S. Km. M. Kes , membuka secara resmi kegiatan yang dihadiri oleh 47 peserta yang mewakili OPD lingkup Penerintah Provinsi NTB.

Membuka kegiatan tersebut, Kabid Litbang Bappeda NTB,  Retno Untari, S. Km. M. Kes , mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang cara menulis. Bukan saja menulis karya ilmiah namun dituntut agar bisa memahami alur dan cara menulis laporan dan kajian yang ada di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Pelatihan ini diharapkan mampu mendapatkan dan mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang berjiwa peneliti, memahami cara penelitian, dan riset sehingga mampu menulis karya ilmiah," harap Retno.

Dalam uraian presentasi kebijakan penelitian, Kabid Litbang Bappeda NTB, menjelaskan bahwa kebijakan harus berdasarkan data dan kenyataan, sehingga dalam pelaksanaan dan realisasinya program tersebut berhasil dan mampu mencapai target.

Dari kegiatan ini diharapkan tercipta peneliti dari ASN sesuai minat dan bakat. "Saat ini Kita kekurangan peneliti, dari pelatihan ini muncul peneliti baru," ujar Retno.


Rencana Bappeda NTB bekerjasama dengan LIPI utk membuat portal jurnal penelitian tentang Provinsi NTB. Selama ini di banyak keluhan dari peneliti tentang kurangnya jurnal di NTB.

Pelatihan penulisan Karya Ilmiah ini berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis (14-15/03) dengan Mengusung tema Membentuk Generasi Penerus Daerah yang Intelektual, Berwawasan dan Terampil Menulis.

Kegiatan selama 2 hari menghadirkan pembicara pada hari I dari LIPI-PDII Jakarta,  Dr. Ambar Yoganingrum dan Dwiatri Kusumaningrum, ST . Pada hari II akan menghadirkan Akademisi dari Universitas Mataram (Unram) Dr. Yayuk Andayani sebagai pembicara dan tutor selama pelaksanaan kegiatan ini. (Edy)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru