Lestarikan Budaya Gotong Royong

Sebanyak 150 (1 SSK) personil anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) bekerjasama dengan unsur Pemerintah KSB serta Masyarakat, akan melakukan beberapa kegiatan pembangunan fisik dan non fisik dalam kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-101 wilayah Kodim 1607/Sumbawa yang akan dilaksanakan selama 1 bulan yakni dari tanggal 4 April - 3 Mei 2018, yang berpusat di Desa Ai kangkung Kecamatan Sekongkang Kabupaten Sumbawa barat.

Kegiatan yang di awali dengan pemeriksaan pasukan tersebut dihadir oleh Kasiter Korem 162/WB Letkol Inf I Nyoman Sumitra mewakili Danrem 162/WB, Kolonel Inf H. Farid Makruf MA, Kapolres KSB AKBP Mustofa, para Danramil dan Pasi Kodim 1607, Ketua TP-PKK KSB, Hj. Hanifah Musyafirin, S.Pt, Manager PT. AMNT, sejumlah kepala OPD, Camat Sekongkang, Kepala Desa se-Kec. Sekongkang, Agen PDPGR Kecamatan Sekongkang.

Komandan satuan tugas/Dansatgas TMMD ke-101 Tahun 2018 selaku Komandan distrik militer/Dandim 1607/Sumbawa, Letkol ARM Sumanto S.Sos dalam laporannya pada upacara pembukaan kegiatan tersebut, pada Rabu (04/04) menyampaikan, pokok dan tujuan penyelenggaraan TMMD ini adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program pembangunan fisik dan non fisik. Adapun pembangunan fisik yakni berupa infrastruktur seperti pembangunan dua ruas jalan usaha tani yang masing-masing memiliki panjang 2800 m dan 1200 m dengan lebar 6 m, jalan lingkar pantai, pembangunan pagar pura sepanjang 126 m, rehab mushola 10,5 X 10,5 m, pemasangan talud irigasi 800 m, pembangunan pos kamling 2,5 X 2,5 meter. pembuatan deker, mck, dan tempat wudhu.

sementara sasaran non fisik meliputi penyuluhan bidang agaman, penyuluhan bidang pertanian dan perkebunan, bidang hukum, pendidikan, narkoba, lingkungan hidup, kesehatan, dan bidang peternakan. semua kegiatan pembanguan tersebut akan di topang oleh anggaran dari TNI sebesar Rp.180 juta serta dukungan anggaran dari Pemda KSB sebesar Rp.1,75 Milyar.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin,M.M dalam pidatonya menyampaikan, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga, betapa penting dan luar biasanya semangat gotong royong dalam membangun bangsa. Semua bahu membahu memberikan sumbangan pikiran, gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan dalam pembangunan, pembangunan yang dilaksanakan di setiap desa di seluruh penjuru tanah air indonesia termasuk KSB.

"bukan saja menyasar pembanguan fisik, kegiatan TTMD juga menyasar kegiatan non fisik, mulai dari penyuluhan, bantuan kesehatan, dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan pemahaman dan kesejahteraan masyarakat. Yang tidak kalah pentingnya adalah membangun kebersamaan toleransi yang tinggi antara umat beragama yang teraplikasi dengan kebersamaan. TTMD bukan hanya program lintas sektoral antara TNI dengan Pemerintah. Lebih dari itu, TTMD telah memperkokoh kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, semakin memperkokoh pula bahwa Bersama Rakyat TNI Kuat.

Lanjut Bupati, Pemda berharapkan indikator keberhasilan kegiatan TMMD tidak hanya terbangunnya insfrastruktur semata, namun yang terpenting adalah sasaran non fisik yakni membantu pemerintah dalam upaya pemberian pencerahan ideologi kepada masyarakat guna mencegah tumbuh dan berkembangnya paham radikal  di KSB. TMMD mampu melestarikan dan meningkatkan budaya gotong royong di masyarakat serta mampu membangun mental rakyat agar rakyat memiliki mental ikhlas jujur dan sungguh sungguh (IJS).

Bupati juga berharap kepada prajurit TNI yang akan bertugas dalam kegiatan TMMD ke-101 ini, agar selama pelaksanaan kegiatan di desa Ai Kangkung dapat tinggal di tengah-tengah masyarakat, serta berbaur dan jalin kekeluargaan dengan masyarakat dalam upaya mewujudkan kemanunggalan TNI bersama rakyat, terus wujudkan gotong royong sebagai warisan luhur bangsa. Desa membangun , Desa bergerak membangun Indonesia. 

Pembukaan pelaksanaan TMMD ke-101 ditandai dengan penyerahan secara simbolis satu sak semen dan satu buah sekop kepada satu orang anggota TNI dan anggota linmas serta pemukulan gong oleh Bupati Sumbawa Barat.

Usai upacara pembukaan, Bupati didampingi Ketua TP-PKK KSB, Hj. Hanifah Musyafirin, S.Pt, Kasi Teritorial Korem 162/WB, Dandim 1607/Sumbawa, Kapolres Sumbawa Barat, beberapa Asisten, Kepala OPD, Manajeman PT. AMNT dan Kades Ai Kangkung melakukan peninjauan beberapa infrastruktur yang akan dibangun pada pelaksana TMMD seperti jalan usaha tani dan mushola.(KominfoFer/Rangga)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru