Biro Hukum Berhasil Tangani 102 Kasus Selama 10 Tahun Terakhir

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir selama kepemimpinan Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH. M Zainul Majdi, yakni sejak tahun 2008-2018,  Biro Hukum Setda Provinsi NTB telah berhasil menangani sebanyak 102 kasus hukum yang terdiri dari kasus perdata sebanyak 37 kasus, tata usaha negara 26 kasus, dan pajak sebanyak 39 kasus. 

Kepala Biro Hukum Setda Provinsi NTB, H Ruslan Abdul Gani, SH. MH, saat jumpa pers di media center kantor Gubernur NTB, Senin (23/04), menyampaikan bahwa produk perundang-undangan tidak lepas dari koordinasi dengan sektor terkait. "Ada tiga sub bagian yang ditangani Biro Hukum, di antaranya sub bagian Perda, Pergub dan ketetapan, setiap tahun kita menghasilkan Perda tidak kurang dari 10 atau 12 Perda,"ungkapnya.

Selain berhasil menangani berbagai kasus, biro hukum juga telah menghasilkan beberapa produk hukum berupa Pergub, Perda dan Keputusan Gubernur pada periode tahun 2008-2018, terdiri dari 8524 Pergub dan 124 Perda yang sudah diundangkan, serta Keputusan Gubernur sebanyak 8459.

Terdapat dua produk hukum yang dihasilkan di antaranya Perda Konversi Bank NTB menjadi syariah dan Perda Bale Mediasi. Perda Bale Mediasi ini baru pertama kali di indonesia. "Diharapkan bahwa dengan lahirnya Perda Bele Mediasi ini sebagai ujung tombak di dalam mengatasi permasalahan hukum baik konflik sosial, perdata dan pidana," tutur Ruslan. 

Saat ini telah dibentuk tim dalam mengawal Perda yang beranggotakan Kanwil Kemenkumham NTB, Akademisi dan Biro Hukum serta OPD yang mengusulkan Perda. (Luk/san).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru