Pemkab Bima Terus Berupaya Turunkan Angka Kemiskinan

 (KM.Saragge) Wakil Bupati Bima Dahlan M Noer selaku Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Bima menginstruksikan agar para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lebih serius dalam melaksanakan program pengentasan kemiskinan Dahlan dalam arahannya dihadapan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Selasa (5/6) di Ruang Rapat Bupati Bima mengatakan bahwa rapat merupakan tindak lanjut dari pertemuan dengan Kementerian Pedesaan yang mengamanatkan agar semua pemerintah daerah lebih fokus dalam program Penanggulangan Kemiskinan. Semua pemangku kepentingan khususnya OPD harus mencermati angka kemiskinan dan lebih mendorong peningkatan capaian angka pengurangan kemiskinan. "Karena itu, perlu refleksi aspek apa yang perlu diperbaiki dan tingkatkan". Terang Dahlan.

 Ditambahkan Wabup, titik berat upaya penanggulangan kemiskinan di daerah adalah aspek yang berkaitan langsung dengan peningkatan indeks pembangunan manusia (IPM). "Salah satu yang paling fundamental untuk dibenahi adalah Bidang Pendidikan agar produktiftas SDM mengalami peningkatan ". Sebelumnya, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima Drs. H. Muzakkir, M.Sc dalam pengantarnya memaparkan, target penurunan angka kemiskinan Kabupaten Bima Tahun 2017 sebesar 13,79 persen . Dari angka tersebut, sesuai data BPS tahun 2018, realisasi penurunan kemiskinan tahun 2017 mencapai 15,10 persen, dengan rata-rata penurunan angka sepanjang kurun waktu 2014-2017 sebesar 0,31 persen atau mencakup 1.469 jiwa/ 294 KK) pertahun dari target 0,75 persen per tahun.

 Untuk lebih meningkatkan capaian target tersebut, Bupati Bima telah menerbitkan SK Bupati Bima nomor 188.45/319/07.1/2018 tentang susunan Tim Penanggulangan Kemiskinan Daerah Kabupaten Bima. Tim yang terdiri dari tiga Pokja dan tiga Kelompok Program ini diharapkan akan lebih memantapkan Program/ Kegiatan Penanggulangan Kemiskinan dengan memaksimalkan fungsi Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Bima". Terang mantan Asisten II Setda Kabupaten Bima ini. (alan)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru