Pemprov NTB Gelar Rapat Persiapan Sail Moyo Tambora 2018

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim) menggelar rapat koordinasi persiapan Sail Moyo Tambora 2018. Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Golden Palace Mataram, Selasa (03/07).

Turut hadir dalam rapat persiapan tersebut adalah perwakilan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, Perwakilan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, perwakilan Polda NTB, perwakilan DPRD NTB, Danlanal Mataram, Danrem 162 Wirabhkati, Danlanud Rembige, pelaku pariwisata NTB, Dinas Pariwisata Kab/Kota se-NTB dan beberapa kepala OPD Lingkup Provinsi NTB, diantaranya Kepala Dinas Kominfotik NTB, Drs. Tribudipraytno, M.Si dan Kepala Bappeda NTB, Ir. Ridwan Syah, MSc.,MM.,MTP. 

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Kemenko Maritim RI, Agus Purwoto didampingi oleh Asisten II Setda NTB, H. Chaerul Mahsul, S.H.,M.M, Sekda Sumbawa Besar, Drs. H. Rasyidi, Kepala Dispar NTB, H. Lalu Moh. Faozal, S.Sos., M.Si dan Wali Kota Bima, M. Qurais H. Abidin.

Dalam sambutannya, Purwoto mengatakan bahwa daerah Provinsi NTB memiliki potensi yang sangat luar biasa. Sehingga event Sail Moyo Tambora merupakan amanah dan keberkahan bagi pemerintah daerah untuk menindaklanjuti pada tahap kesejahteraan.

"Kita ketahui khususnya Provinsi NTB, memiliki banyak potensi yang bisa kita gali, banyak peluang yang dapat kita manfaatkan," ungkapnya.

Oleh karena itu, Purwoto berharap dengan terselenggaranya event ini, dapat menggali potensi yang ada yang mampu memberikan kesejahteraan dan peningkatan pendapatan daerah. Sehingga dapat menentukan tujuan dan prioritas daerah.

Dalam pengantarnya, Asisten II Setda NTB, H. Chaerul Mahsul, S.H.,M.M, mengatakan, Sail Moyo Tambora merupakan pesta rakyat NTB yang akan memberikan kesejahteran bagi perkembangan ekonomi rakyat. Setelah berjuang selama tiga tahun untuk meraih Sail Indonesia yang berlokasi di Provinsi NTB. Alhamdulillah pada tahun 2018 NTB menjadi tuan rumah atas terselenggaranya event nasional ini.

"Kalau kita melihat event-event yang telah diselenggarakan di NTB, kami punya tradisi sukses untuk mensukseskan setiap event berskala nasional," tutur Chaerul menyakinkan Sekretaris Kemenko Maritim.

Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 lanjut Chaerul, merupakan komitmen pemerintah NTB untuk menjadikan event ini sebagai event terbaik yang pernah dilaksanakan di Indonesia.

"Kalau kita mengganggap event ini kerja bersama seluruh komponen pemerintah Provinsi NTB, insya Allah sukses," ungkapnya bersemangat.

Ia juga menambahkan bahwa event ini merupakan event nasional rasa internasional. Karena hal itu, pemerintah NTB sangat optimis untuk mensukseskan kegiatan ini. Event ini akan di fokuskan pada pulau Moyo dan Tambora, yang akan diselenggarakan pada tanggal 09 September 2018 mendatang. sebab kedua icon ini merupakan branding pariwisata dunia.

"Moyo, Teluk Saleh, dan Tambora merupakan kawasan strategis Provinsi NTB, kawasan ini sebagai aset daerah yang selalu berdampingan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika," tambahnya.

Sail Moyo Tambora adalah salah satu bentuk usaha Pemerintah Provinsi NTB meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Barat (NTB) khususnya pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa memang memiliki kekuatan adat istiadat, budaya, dan juga peninggalan sejarah yang menarik untuk ditelusuri. Dengan ragam potensi tersebut, para yachter dan wisatawan bisa mengetahui lebih jauh keindahan destinasi sekaligus keragaman ethnic daerah Sumbawa. Dengan adanya Sail Samota ini diharapkan bisa menumbuhkan potensi lingkungan sosial, seni budaya dan ekonomi kreatif masyarakat Sumbawa bisa lebih baik kedepannya.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru