Verifikasi Data Sektoral

Sumbawa barat. Diskominfo - Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar acara Verifikasi  Data Statistik Sektoral/Daerah di Aula rapat Dinas Kominfo KSB, Kamis (19/7). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka untuk mendapatkan data yang valid dan akurat pada setiap Instansi Pemerintah Daerah KSB, sehingga kedepannya tidak ada lagi keraguan pada data-data yang akan dipublis nanti.

Kepala Seksi Statistik Diskominfo KSB, Budi Sunarko, SE dalam laporannya mengatakan, latar belakang dari kegiatan ini telah tertuang dalam Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang mengharuskan semua penyelenggara pemerintah baik pusat provinsi maupun kabupaten harus dapat memberikan informasi kepada masyarakat.

"Data-data yang diberikan oleh masing-masing dinas mungkin belum valid atau lengkap, makanya kami melakukan verifikasi pada hari ini agar semua data-data tersebut bisa digunakan oleh Dinas lain, masyarakat maupun pihak-pihak yang membutuhkannya". Tuturnya.

Dasar hukum, lanjut Budi, dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang statistik, UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah nomor 51 tahun 1999 tentang penyelenggaraan statistik.

Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo KSB, Mukhlis, DM yang hadir sekaligus membuka secara resmi acara tersebut mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut membantu dalam pengumpulan data-data sektoral, Khususnya kepada Badan Pusat Statistik KSB. Mukhlis DM juga berharap kepada semua pihak untuk terus membantu Diskominfo dalam pengumpulan data-data sektoral ini.

Selanjutnya, Mukhlis mengungkapkan bahwa karena bantuan dari beberapa pihak serta bantuan dari BPS lah yang membuat bidang statistik sukses merilis sekaligus tiga buku yang berjudul "SUMBAWA BARAT DALAM ANGKA" pada tahun 2017 lalu. "Ini bukan data asal-asalan, data ini harus valid karena akan digunakan oleh masyarakat seluruh indonesia, setelah buku-buku itu dirilis kami langsung melaporkan kepada Bapak Bupati atas kinerja kami". Ungkapnya.

untuk itu Mukhlis berharap, semua data yang disampaikan ke Diskominfo agar disimpan dan diarsipkan juga di dinas masing-masing. Mukhlis juga meminta dukungan dari semua pihak dalam mengumpulkan data ini, tanpa dukungan dari semua pihak kegiatan ini tidak akan bisa terlaksana dengan baik, data yang akan disampaikan kepada Dinas Kominfo ini juga di simpan dan di arsipkan dengan baik di dinas masing-masing.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik KSB, Ir. Muhammad Ahyar, yang hadir memberi beberapa materi tentang cara tepat pengumpulan data-data sektoral, Ia mengatakan bahwa dalam menghasilkan data yang valid dan lengkap perlu dilakukan dengan beberapa cara. "ada beberapa tahap atau cara agar data yang kita kumpulkan menjadi sempurna seperti penetuan obyek dan tujuan, perencanaan, persiapan lapangan, pelaksanaan kegiatan, pengolahan dan penyajian data serta analisis pada data tersebut sangat menentukan data yang akan dipublis nanti". Ungkapnya.

Tahap penyajian, lanjutnya, atau publikasi data-data nantinya akan disajikan dalam bentuk tulisan, gambar, atau info grafis yang menyajikan gambar bergerak yang berceritakan tentang informasi atau data. Hadir dalam acara tersebut yakni perwakilan dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sumbawa Barat. Diskominfo Sumbawa barat/feryal/tifa. Doc. Rangga.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru