Sekotong Tengah Desa Maju di Bawah Gunung

Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Dari gerung ke sekotong harus melewai gunung dan jarak tempuh lumayan jauh dari pusat pemerintahan lombok barat.

Nama sekotong memang terkenal karena sumber daya alam yang melimpah. Dikenal dengan emas dan tambang. Tapi setelah kami KKP UIN Mataram Melalukan Observasi setiap dusun, banyak potensi yang kami temukan.

Jumlah dusun yang ada di sekotong yaitu 18 dusun. 10 dusun di bawah dan 8 dusun di atas gunung.  Masing-masing dusun mempunyai potensi yang berbeda-beda.

Namun kami akan sampaikan gambaran umum tentang sekotong tengah, ada beberapa aspek yang kami temukan. Masyarakat Sekotong Tengah Sangat Ramah dan Murah Senyum. Setiap orang yang datang dilayani setulus hati membuat banyak orang yang berkunjung nyaman untuk kembali lagi ke sekotong.

Pertama aspek pembangunan, pembangunan di sekotong tengah sangatlah maju dilihat dari bangunan fisik dan non fisiknya. Kantor desa yang mewah nan penuh fasilitas membuat masyrakat dri pagi hingga larut malam selalu ramai karena ada lapangan voly dan wifi desa gratis.

Waserda yang dikelola BUMDes menjual barang pokok dan barang yang lain yang dibutuhkan masyarakat. Pembangunan jalan beraspal ke dusun pelosok juga sudah terlaksana. Komitmen pemerintah desa dalam pembangunan sangat tinggi.

Dibidang pendidikan, masyarakat sudah banyak yang berpindidikan dan di dusin pelosok sudah ada lembaga pendidikan sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

Di dusun telaga lebur ada pendidikan SMK Pariwisata untuk menunjang SDM di bidang Pariwisata. Dalam bidang perekonomian, masyakarat berpenghasilan dari berbagai macam, mulai dari pertanian, peternakan, berdagang, hingga pertambangan.

Dibidang pertanian, masyarakat biasa bercocok tanam sekali setahun karena letak geografis yang tidak memungkinkan. Selain itu juga masyarakat mendapatkan hasil tani jambu mente untuk dijual.

Para peternak biasanya mempunyai 2 hingga 10 lebih sapi yang digembala, dan diberi makan dengan cara di lepas di sawah. Dimusim kemarau para petani biasanya membeli rumput untuk diberikan makan hewan ternaknya.

Dibidang pertambangan, masyarakat biasa menggali lubang untk mencari emas dan dijual. Bukan hanya masyarakat sekotong saja namun masyarakat luar pulau lombok juga banyak yang ikut menambang.

Dibidang pariwisata, pemerintah desa sudah memasukkan hutan Mangrove untuk dikelola pada tahun 2019, selain pantai yang begitu indah membuat mata nyaman memandangnya.

Ada banyak bukit yang mempesona, keindahan alam yang alami serta masyarakat yang ramah mampu menjadikan sekotong Tengah menjadi Desa Wisata.

Desa sekotong tengah juga menjadi tempat kegiatan program LSM internasional seperti Palang Merah Amerika.

Sekotong tengah merupakan pusat pemerintahan kecamatan sekotong. Mulai dari kantor camat, Polsek hingga puskesman terletak disekotong tengah.

Sekotong tengah banyak orang berpengaruh seperti mamiq Dar dan istrinya Ibu Sumiatun mantan ketua DPRD lombok Barat, sekarang menjadi wakil bupati terpilih priode 2018- 2024 []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru