Upacara Hut 73 RI di Dompu Berlangsung Khidmat

UPACARA HUT RI KE- 73 KAB. DOMPU BERLANGSUNG KHIDMAT DAN SEDERHANA
Jumat, 17 Agustus 2018


​​​​Sumber Foto : NitaIQhaFerdi. (Crew Kominfo)


DOMPU - Jumat (17/ 8), dalam rangka   memperingati  hari    kemerdekaan  Republik Indonesia ke- 73 Tahun. Pemerintah Kabupaten Dompu melaksanakan upacara bendera di lapangan Beringin Dompu seperti biasanya. Upacara kali ini  dihadiri  oleh seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berasal dari   OPD (Organisasi  Perangkat  Daerah),TNI, POLRI, PWRI (Persatuan Wredatama Republik Indonesia), Legiun Veteran, Pensiunan PNS, Camat, Kepala Desa, Orang Tua Paskibraka serta perwakilan dari Siswa-Siswi yang berasal dari beberapa sekolah di Kabupaten Dompu.
Upacara yang dimulai tepat pada pukul 09.00 WITA yang ditandai dengan bunyi sirine selama 60 detik. Upacara di pimpin langsung oleh Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin selaku Inspektur Upacara. Salah satu momen yang ditunggu-tunggu dalam upacara hari Kemerdekaan adalah pembacaan  Naskah  Detik-Detik  Proklamasi Kemerdekaan RI yang dimana pada tahun 2018 ini dibacakan oleh  Ketua DPRD Kabupaten Dompu,  Yuliadin S.Sos. Dan salah satu personil yang selalu menjadi sorotan kala upacara hari Kemerdekaan adalah seorang pembawa baki Bendera Pusaka. Tahun ini mandat tersebut diemban oleh siswi dari SMAN 1 Dompu, yaitu Risti Ainul. Upacara berlangsung dibawah pengamanan puluhan petugas  yang berasal dari TNI dan POLRI. Para petugas tersebut tersebar merata di beberapa titik di dalam lapangan Beringin, pintu masuk selatan dan timur serta area sekitar lapangan. 
Pelaksanaan upacara untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Dompu tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, rangkaian upacara yang biasanya meriah dibuat lebih sederhana namun tetap khidmat. Jumlah personil upacara yang berasal dari  OPD pun dibatasi hanya sampai 23 pleton dan masing-masing pleton terdiri dari 20 orang yang terbagi dalam 10 putra dan 10 putri. ASN yang tidak masuk dalam barisan diperkenankan untuk berada dibawah tenda yang telah disiapkan pada sayap kanan gedung Paruga Parenta Nggahi Rawi Pahu. Tindakan tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Dompu terhadap saudara- saudara kita yang masih berduka akibat gempa di pulau Lombok dan sekitarnya. (Crew Kominfo)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru