Sail Moyo Tambora 2018 Resmi Dibuka

Kegiatan Sail Moyo Tambora resmi dibuka oleh Presiden RI yang diwakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut Binsar Panjaitan didampingi oleh Menteri Pariwisata, Menteri Perhubungan, gubernur  serta Wakil gubernur NTB di pelabuhan Badas Sumbawa, Minggu (9/9). 

Hadir pula Kapolda NTB, Danrem 162/Wirabhakti, Kepala TNI AL, Bupati Sumbawa,  Kepala OPD Lingkup Pemerintah NTB, awak media Lokal maupun Nasional serta Pemangku kepetingan lainnya. Pembukaan acara ditandai dengan tiup seruling bersama-sama dan antusias masyarakat setempat juga ikut memeriahkan pembukaan acara nasional ini.

Dalam sambutannya, Luhut mengatakan bahwa Sail Moyo Tambora 2018 merupakan rangkaian sail Indonesia kesepuluh yang telah dilaksanakan sejak Sail pertama di Manado pada 2009 lalu. Awalnya sail Indonesia bertujuan untuk mempercepat pembangunan daerah-daerah tertinggal di Indonesia.

"Seiring berjalannya waktu, penyelenggaraan Sail lebih ditekankan pada pengembangan pariwisata. Kita tahu bahwa NTB memiliki kekayaan bahari yang melimpah dan sangat tepat NTB menggelar event wisata bertaraf Nassional mengingat destinasi wisata di NTB sudah menjadi destinasi prioritas nasional," tuturnya.

Provinsi NTB layak menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sail ini. Sebab, fauna  pulau Moyo di perairan Sumbawa sudah terkenal di kanca internasional.

Selain itu, letusan gunung tambora juga sangat dikenal Dunia yang telah merubah iklim belahan dunia "dua icon yang sangat tepat untuk meningkatkan laju percepatan destinasi wisata di NTB. Pagelaran Sail Moyo Tambora 2018 ini justrul menjadi awal dari kebangkitan wisata Lombok Sumbawa pasca gempa bumi yang menerpa NTB kemarin," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur NTB, Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi mengucapkan selamat datang di tanah yang sering disebut Samawa Intan Bulaeng (tanah intan bercahaya). Selain kekayaan emas dan sumber daya mineral yang luar biasa.

"Terdapat keindahan Alam yang sangat eksotik yang dipancarkan tanah ini. Dibelakang saya terdapat pulau Moyo, pulau yang sangat dikenal keindahannya bagi siapapun yang mencari keindahan di dunia," ungkap TGB memuji.

Kemudia di ujung pembukaan acara ini, diwarnai oleh tarian adat daerah diantaranya tari "Nggahi Rawi Pahu" Kabupaten Dompu, enam belas penerjun payung dari TNI AL, Parade 248 perahu nelayan hiasi laut Sumbawa, drumband SMK politehnik Surabaya serta Drama Tanjung Menangis diiringi oleh seratus lebih penari putra putri terbaik Sumbawa. (Man/Rabuang).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru