Kirab Pataka Gemakan NTB Gemilang

Satuan Polisi Pamong Praja (Pol –PP) NTB menggelar rapat pemantapan kirab pataka di ruang anggrek kantor Gubernur NTB, Senin (19/11). Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang ke-60. 

Rapat pemantapan ini diikuti oleh seluruh kepala Satuan (Kasat) Pol PP dari 10 kabupaten/kota lingkup pemprov NTB. Fokus dari rapat ini adalah sesuai dengan instruksi Gubernur yang menyatakan bahwa aparat gabungan yakni Pol-PP, TNI/Polri serta OPD lainnya diminta ikut andil menyukseskan giat kirab pataka pada 17 Desember mendatang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi NTB Lalu Dirjaharta menyebut bahwa, dalam kirab pataka ini akan membawa dua lambang yakni NTB Gemilang dan lambang HUT NTB dengan tujuan utama adalah menggemakan dan menggaungkan NTB Gemilang ke seluruh kabupaten/kota di NTB. “Kita ingin menggemakan sekaligus mensosialisasikan NTB Gemilang hingga ke seluruh NTB,” tuturnya.

Dirja juga menyebut bahwa penyerahan pataka lambang HUT NTB ini hampir sama seperti gelaran sebelumnya, hanya saja terdapat sedikit perbedaan pada lokasi, dimana pada tahun lalu diadakan di kantor Gubernur. Sedangkan pada tahun ini akan diserahkan di kabupaten Bima.

“ Kita ingin mensosialisasikan NTB Gemilang untuk periode 2018-2023. Makanya semua jadi berubah, tadinya penyerahan pataka di lapangan bumi gora akhirnya di Bima. Pemprov yang akan menyerahkan, beberapa hari yang lalu sudah koordinasi dengan baik disana,’’ imbuhnya.

Berdasarkan hasil rapat, kirab pataka akan diarak keliling mulai dari Kabupaten Bima, Kota Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, KSB, kemudian aparat gabungan dari Pol-PP melanjutkan ke Kabupaten Lombok Timur, lalu Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Barat,dan terakhir ke kota Mataram. Kemudian akan dibawa ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika untuk upacara puncak peringatan HUT NTB.

Acara kirab pataka ini akan berlangsung selama 7 hari mulai 9 sampai dengan 15 Desember 2018. Melibatkan sebanyak 60 personil gabungan mulai dari Pol-PP dan TNI/Polri. Pelibatan semua unsur aparat gabungan dalam momen hari lahir NTB demi kelancaran dan maksimalnya kegiatan kirab pataka nantinya. (luk-tim media).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru