Ciptakan Kesenian Sumbawa Barat Yang Berkarakter

Sumbawa Barat. Diskominfo - Tim dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta akan mencoba bekerja sama dengan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam bidang Seni dan Budaya, Tim ISI Surakarta tersebut akan melihat sebesar mana potensi kesenian dan Budaya yang ada di KSB sehingga layak untuk dijadikan salah satu kesenian Indonesia yang dipadukan dengan kesenian nusantara lainnya.

Bupati Sumbawa Barat, Ir. H. W Musyafirn, M.M., dalam sambutannya saat acara ramah tamah bersama Tim ISI Surakarta di kediamannya, Rabu malam (27/2) berharap dengan kedatangan tim ISI Surakarta ini akan membangkitkan semangat berkesenian. Bupati juga berharap kepada para penikmat dan pelaku seni untuk terus menghidupkan dan melestarikan seni dan budaya yang ada di KSB.

“Saya berharap dengan adanya Tim ISI ini, kesenian dan kebudyaan kita dapat dikembangkan sehingga menjadi sebuah kesenian yang berkarakter yang akan dikenal di seluruh Indonesia.” Harap Bupati.

Sementara itu, Wakil Rektor III ISI Surakarta, Dr. RM. Pramutomo, M.Hum., mengatakan bahwa dari total jumlah penerimaan mahasiswa baru se-Indonesia yang mendapat beasiswa untuk kuliah di ISI Surakarta ada sekitar 15 kuota yang masih tersedia untuk KSB.

“Jika 15 kuota ini diambil oleh KSB maka kami siap akan mendidik mahasiswa tersebut di ISI. Kami juga selalu mendorong pimpinan daerah untuk memberikan putra-putrinya yang terbaik untuk bersekolah di kampus kami”. Tuturnya lagi.

Menurut Pramutomo, KSB mempunyai potensi yang sama dengan seluruh daerah di Indonesia hanya saja kesenian ini perlu kreatifitas tersendiri sehingga memiliki sebuah ciri khas. “Saya melihat kesenian di KSB ini sangat luar biasa, seperti tarian Barapan Kebo yang memainkan gendang beramai-ramai, jika saja para pemain gendang ini jumlahnya sekitar 100 orang atau lebih maka pasti ini akan menjadi ciri khas KSB.” Tambah Pramutomo.

Terkait tindaklanjut kerja sama dengan pemda KSB, pihak ISI Surakarta menunggu izin dari Bupati KSB agar segera menciptakan jaringan sehingga kerjasama tersebut bisa segera dilakukan. Feryal/tifa/rangga.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru