Bahas Isu Strategis Percepat Pembangunan

Untuk membahas  perencanaan Tahun Anggaran 2020 dan diselaraskan dengan visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), menggelar rakor Forum Perangkat Daerah Kabupaten Bima tahun 2019, Rabu (20/3) di Gedung PKK Kabupaten Bima.


Kegiatan ini mengusung tema Memantapkan Pemerataan Pembangunan Antar Wilayah dan Percepatan Pengentasan Kemiskinan, diikuti ole para pejabat Eselon II, Eselon III, Camat dan pejabat teknis seluruh perangkat daerah Se- Kabupaten Bima.

Bupati Bima yang diwakili Staf Ahli Ir. Syaifudin mengatakan, "Forum Perangkat Daerah jangan dipandang sebagai sebuah kegiatan rutin, tetapi harus lebih dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk membahas secara bersama solusi terhadap sejumlah isu strategis pembangunan.

Pembahasan ini penting sebagai masukan pada perencanaan Tahun Anggaran 2020,  diselaraskan dengan visi dan misi yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

"Kegiatan ini merupakan wahana untuk membahas rangkuman usUPTDn dari tingkat desa dan kecamatan yang disinkronkan dengan rencana kerja perangkat daerah serta hasil reses Dewan". Ungkapnya.


Sebelumnya Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima yang diwakili Sekretaris H. Fahruddin, S.Sos, MAP dalam laporannya mengatakan, "bila mengacu kepada hasil Musrenbang kecamatan yang dilaksanakan baru-baru ini, banyak tuntutan masyarakat mengharapkan adanya pemerataan pembangunan di seluruh wilayah kecamatan dan ini menjadi catatan penting pemerintah daerah,”jelasnya

Dijelaskan Fahrudin, "pelaksanaan forum yang menerapkan perencanaan berbasis elektronik (e-planning) merupakan tindak lanjut rencana aksi pemberantasan korupsi.

"Forum Perangkat Daerah merupakan satu upaya untuk memperbaiki sistem perencanaan yang ada, mUPTDi dari basis SIMDA perencanaan sebagai pedoman dalam menyusun SIMDA anggaran dan SIMDA SAKIP, artinya ketiga sistem ini terkoneksi satu sama lainnya".Terang Fahrudin.

Usai acara pembukaan, Forum Perangkat Daerah dilanjutkan dengan sesi klinis yang dibagi dalam kelompok bidang Perencanaan Pembangunan Ekonomi, Bidang Fisik dan Prasarana Wilayah serta bidang Perencanaan Pembangunan Sosia Budaya. (Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima didukung oleh Tim Komunikasi Publik Diskominfostik) . (KIM WAWO/KM LENGGE)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru