Menciptakan Pemilu Damai Berkualitas

Sumbawa Barat. Diskominfo  -Terselenggaranya pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019 bukan hanya menjadi tugas Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu, namun menjadi tugas bersama. Demikian ditegaskan Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M., dalam arahannya membuka rapat koordinasi mewujudkan Pemilu 2019 yang aman dan damai di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

 

Rakor yang dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Gedung Graha Fitrah, Jumat siang (23/03/19) dihadiri Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Ketua Pengadilan Agama Taliwang, Staf Ahli, sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah KSB, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ketua badan pengawas pemilu (Bawaslu), sejumlah pimpinan Partai Politik, Camat hingga Lurah.

 

Dijelaskan Bupati, rakor ini bukan untuk mencampur tugas dan independensi penyelenggara dan pengawas Pemilu, yakni KPU dan Bawaslu. Tetapi untuk memastikan keamanan dan kelancaran pelaksanaan pemilu di KSB.

 

“Konsepnya adalah kerjasama yang baik dari semua pihak untuk  tujuan yang sama, yakni pemilu yang berkualitas, damai, aman dan lancar.” Ucap Bupati.

 

Bagaimana KPU dan Bawaslu mengajak semua pihak bekerja sama sesuai tugas pokok masing-masing, tambah Bupati, mulai dari TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan pihak lainya juga membantu, termasuk  Partai Politik, karena pemerintah bersama KPU dan Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri-sendiri.

 

Sementara di tempat yang sama, Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, S.Ik., MH menegaskan pihaknya siap mengamankan pemilu di KSB. Selain Personil yang ditempatkan di 397 TPS di KSB, pihaknya juga menyiapkan personil bantuan yang dibagi di tiga rayon termasuk di dalamnya TNI dan Satpol PP.

 

“Polres KSB merupakan satu-satunya Polres di NTB yang tidak meminta personil BKO (Bawah Kendali Operasi) kepada Polda NTB,” ucapnya singkat.

 

Hal senada juga ditegaskan Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol Czi Eddy Oswaronto, S.T.,. menurutnya, pihaknya siap membantu Kepolisian mewujudkan Pemilu berkulitas, aman dan damai di KSB.

 

 “Selain personil di Kodim dan Koramil, pihaknya juga akan memberdayakan personil Yon Zipur sebanyak 1 SSK (Satuan Setingkat Kompi/100 orang prajurit) yang sedang bertugas di KSB,” ujarnya.

 

Ketua KPU KSB, Deni Saputra mengapresiasi inisiasi dari Bupati KSB yang menggelar Rakor ini. KPU Sendiri sudah siap melaksanakan Pemilu 17 April mendatang. Berbagai tahapan sudah dan akan dilalui.

 

Hal senada juga diungkapkan Ketua Bawaslu KSB, Karyadi. Bawaslu melakukan pengawasan di semua wilayah, mulai dari wilayah penyelenggara yakni KPU, wilayah aparatur untuk memantau netralitas, wilayah peserta Pemilu dan penyelenggaraan di lapangan nantinya.

 

“Dukungan dan kerjasama dari semua pihak diharapkan untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas, tanpa politik uang dan pelanggaran lainnya serta aman dan damai di Tanah Pariri Lema Bariri,” harapnya. (feryal/tifa).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru