Kominfo Kota Mataram Akan Adopsi Pengeloaan Data Provinsi NTB

Keberhasilan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi NTB, dalam membangun satu data pada sebuah Portal Sistem Data Terbuka yang menyediakan data resmi pembangunan, merupakan prestasi yang membanggakan.


Berangkat dari ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram menyambangi Dinas Kominfotik NTB, untuk diskusi dan berbagi tentang program ini. Kunjungan ini diapresiasi Sekretaris Diskominfotik NTB, I Gede Aryadi saat menerima kunjungan Kadis Kominfo Kota Mataram.

Menurut Sekdis Kominfotik NTB, membangun daerah itu perlu sinergi dan kerjasama semua pihak, baik instansi vertical maupun daerah. “Kabuapten/Kota di NTB merupakan mitra kira dalam sinergi membangun NTB demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Sekdis.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kota Mataram Drs. I Nyoman Suwandiyase, MH mengatakan bahwa sudah merencanakan kunjungan ini sejak lama. “Kami memang berkepentingan untuk diskusi dan sharing informasi pengeloaan program,” kata Kadis Kominfo Kota Mataram.


Menurut I Nyoman Suwandiyase , Kunjungan ini untuk menjalin silaturahmi, melakukan koordinasi, kolaborasi, integrasi dan sinkronisasi program kegiatan. Banyak program dan kegiatan Dinas Kominfotik Provinsi NTB sangat bagus, sehingga kami berencana mengadopsi untuk direplikasi untuk terapkan di Kota Mataram.

Ada point menarik yang disampaikan dari diskusi tersebut yang disampaikan bidang Statistik, tentang kerjasama dan sinergi dengan pihak lain. Dinas Kominfo Kota Mataram akan membuat MOU dengan BPS Kota dan Bappeda. Sehingga persoalan integrase data dapat diwujudkan. Tupoksinya jelas,” Siapa berbuat apa.” Katanya.

BPS bertanggungjawab terhadap data dasar,  Dinas Kominfo Kota Mataram bertanggungjawab terhadap data sectoral dan Bappeda sebagai instansi yang melakukan pengeloaan. Termasuk pembentukan forum data, akan bentuk portal satudata Kota Mataram.

“Hal diatas merupakan hasil diskusi dan sharing kami dengan bidang statistic dan Sandi kami, sehingga program yang baik akan kami adopsi dan tetap koordinasi bersama Dinas Kominfotik NTB,” jelas Kadis Kominfo Kota Mataram ini.


Sementara itu, dalam diskusi secara teknis Kabid Statistik Sosial Ir. Dede Suhartini, M. Si menjelaskan secara teknis tentang  portal NTB Satu Data merupakan langkah pemerintah untuk menyatukan semua sumber data dari seluruh Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah NTB.

“Sehingga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses data-data terkait pembangunan dan perkembangan daerah. Data berasal dari 46 OPD lingkup pemda NTB, dan mereka juga sudah bekerja sama dengan kita,” jelas Ir. Dede Suhartini, M. Si menjelaskan

Sedangkan Kasi Sandi Kami, H. Mahmud AKS, M. Si menjelaskan tentang program kerja Bidang, seperti Penyiapan SDM Persandian dalam rangka pengamanan informasi dan persiapan pembentukan insiden keamanan informasi (CSIRT).

Termasuk menggalakkan kegiatan pengamanan informasi berupa sterlilisasi ruang pimpinan (kontra Penginderaan) ; gubernur, Wagub, Sekda dan pimpinan DPR NTB.  Melakukan identifikasi blank spot area pada kawasan blankspot di pulau Lombok dan pulau Sumbawa

“Rencanannya akan memantau langsung lokasi dan wilayah blankspot di seluruh NTB, rencanannya Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah akan ikut mengendarai motor trail,” kata H. Mahmud. (Edy-Tim Media)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru