Website Karantina Pertanian Sumbawa Raih Juara I

Sumbawa – Stasiun Karantina Pertanian (SKP) Kelas I Sumbawa memperoleh juara I dalam lomba “Inovasi Website dan Keterbukaan Informasi Publik”. Penghargaan tersebut diberikan dalam acara penutupan 142 Bulan Bakti Karantina Pertanian tahun 2019, yang dilaksanakan di BUTTMKP Bekasi (11/07). Acara yang dipimpin langsung oleh Kepala Badan Karantina Pertanian, dihadiri juga 52 Unit Pelaksana Teknis Lingkup (UPT) seluruh Indonesia.

Lomba ini merupakan penjabaran dari Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 yaitu instansi pemerintah berkewajiban untuk menyelenggarakan keterbukaan informasi publik khususnya di era digital. Dengan terbukanya akses ke publik, diharapkan mempercepat perwujudan pemerintahan yang terbuka yang merupakan upaya strategis mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), dan terciptanya kepemerintahan yang baik (good governance).

“Saya mengucapkan terimakasih kepada tim website SKP Kelas I Sumbawa Besar, sehingga website kita yang beralamat di http://sumbawa.karantina.pertanian.go.id/ mendapat penghargaan terbaik pertama Inovasi Website dan Keterbukaan Informasi Publik”, ungkap Kepala SKP Kelas I Sumbawa Besar, Ida Bagus Putu Raka Ariana.

“Untuk mendapatkan juara Ada 9 kriteria penilaian yang harus kita penuhi a. Identitas, b. Isi situs, c. Fitur, d. Layanan publik, e. Inovasi, f. Kecepatan (speed), g. Kemudahan dibaca (readybility) mobilitas data, h. Ketepatan (accuracy) dan  i. Ukuran kualitas interaksi (usability)” jelas Raka.

Raka berharap, keterbukaan informasi publik mampu mendukung kegiatan perkarantinaan. Sehingga meningkatkan SKP Kelas I Sumbawa Besar untuk semakin tangguh dan terpercaya dalam menjaga pulau Sumbawa dari ancaman Hama Penyakit Hewan Karatina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK). 
“Dan pastinya website kebanggaan kita juara tingkat Kementerian, yang diadakan bulan depan” imbuh Raka.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru