Pelatihan Kuliner di Dompu

Kominfo Dompu-Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya generasi muda, menjadi modal penting bagi peningkatan perekonomian di tengah ketatnya persaingan global. Anak muda adalah kekuatan bangsa di masa depan. Dan untuk mendorong dan meningkatkan daya saing SDM di masa mendatang, dibutuhkan sinergi antara lembaga terkait lainnya. Pelatihan digelar agar anak-anak muda memiliki keterampilan serta mampu bekerja menunjukkan produktivitasnya. Maka dari itu, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Dompu pada Rabu, 24 Juli 2019 ini menggelar Pelatihan Kuliner dengan mengusung tema Peningkatan Peran SDM Pemandu Wisata Budaya Kuliner dan Belanja Dalam Kreasi Mutu Kuliner Khas Daerah Kab. Dompu.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung PKK Kab. Dompu ini dihadiri oleh Bupati Dompu yang diwakilkan langsung oleh Asisten I Drs. Sudirman Hamid M.Si, Kepala OPD Kab. Dompu , Unsur Forkopimda, Camat dan 100 orang peserta yang terdiri dari unsur pelaku usaha kuliner dari berbagai Kecamatan yang ada di Kab. Dompu.

Asisten I Drs. Sudirman Hamid, M.Si sebelum membuka pelatihan sempat bercerita tentang keunikan kuliner lokal yang kental dengan cita rasa daerah. Sudirman bercerita bahwa banyak wisatawan lokal maupun internasional yang nyatanya mudah terpikat dengan keunikan kuliner di Dompu.

“Kuliner kita di sini punya ciri khas sendiri, cita rasa sendiri dan tentu keunikan tersendiri. Bagi pelancong yang datang kemari mungkin saat mencoba terasa asing bagi mereka, tapi kita harus pandai mengemasnya agar meninggalkan kesan yang baik,”. ungkapnya.

Beliau juga memberi petuah kepada seluruh peserta pelatihan kuliner ini agar berlatih dengan penuh keikhlasan. Dan pada saat praktek di lapangan harus betul-betul mencermati apa saja yang diberikan saat pelatihan. Dan untuk para pemandu wisata juga harus paham sejarah kuliner itu sendiri, pemandu harus dapat memberikan uraian yang jelas dan mendetail kepada wisatawan dengan tatanan kalimat yang mudah dipahami.

"Mari kita jadikan pariwisata ini sebagai sebuah kegiatan dan sebuah program yang bisa meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan kita.". tambahnya.

Pelatihan Kuliner diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Dompu juga bertujuan agar makanan khas Dompu bisa dikenal serta dinikmati oleh saudara kita dari kabupaten atau kota lain. Disisi lain juga dapat menjadi lapangan kerja baru sehingga dapat mengurangi angka kesejahteraan dan kemiskinan di Kab. Dompu.

Pelatihan diadakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 24 dan 25 Juli 2019, dimana hari pertama diadakan di Gedung PKK Kab. Dompu dan hari kedua di Destinasi Pariwisata Desa Soro Kec. Kempo.[KOMINFO]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru