Pahami Pentingnya Persandian Daerah

Bidang Tata Kelola Persandian Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Persandian di Hotel Sunwood Arianz (Kamis, 24/10/2019) yang dihadiri oleh seluruh perwakilan Kepala Bidang dan Kepala Seksi dari masing-masing daerah di Provinsi NTB. Acara ini bertujuan untuk bagaimana teknis persandian bisa mencakup daerah-daerah yang ada di NTB terkait keamanan informasi di masing-masing OPD. 

Pengembangan pengamanan informasi di NTB baru terealisasi di Bidang Persandian Diskominfotik dan di Bidang Tata Kelola Jaminan Sistem Informasi lingkup Kota Mataram. Di Bidang Persandian sendiri telah mendapatkan bantuan dari deputi BSSN provinsi berupa pemasangan alat pengamanan server. Ketika server sebuah OPD mendapat serangan, maka serangan tersebut masuk kedalam  alat pengaman  dan server akan tetap aman. Dan di Bidang Tata Kelola Jaminan Sistem Informasi telah menerapkan sistem tanda tangan digital yang bisa digunakan oleh semua OPD namun hanya berlaku satu kali. 

Kepala Dinas Diskominfotik Prov. NTB, I Gede Putu Aryadi, S.Sos. MH dalam kesempatan itu menjelaskan kejahatan siber saat ini menyerang jaringan, baik jaringan informasi, dokumen, maupun konten. Oleh sebab itu, persandian menjadi tugas mendasar bagi negara, apalagi jaringan informasi saat ini di cakup oleh seluruh sektor, baik industri, bisnis, dan tata kelola pemerintahan.

‘’Tugas siber sandi sudah dilimpahkan, dahulu di badan bidang kominfo untuk mengamankan informasi. Saat ini yang harus dilakukan, bagaimana menciptakan sistem elektronik yang efektif, kedepan bidang sandi mulai mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan di daerah masing-masing.’’ Pungkasnya

Saat ini masih ada daerah-daerah di Prov. NTB yang belum mendapatkan jangkauan internet dengan kecepatan 4G, terutama daerah pelosok. Namun data blankspot sendiri belum benar-benar valid. Banyak data yang tidak relevan dengan kenyataan. Kadis Diskominfotik mengatakan saat ini pengembangan bisnis online semakin pesat dan jaringan internet sangat dibutuhkan. 

‘’Mohon kerjasamanya kabupaten/kota data blankspot harus valid. Tugas kepala daerah memastikan jaringan komunikasi yang aman, terkoneksi, dan adil.’’ Jelas Kadis Diskominfotik

Tahun 2020 NTB berencana membangun tim keamanan siber. NTB sendiri diminta 10 stok SDM termasuk dari kabupaten/kota untuk dilatih, namun tenaga yang dibutuhkan yang telah menempuh Pendidikan sarjana IT. Dalam hal ini akan di asistensi oleh BSSN.

Dengan diadakan rapat koordinasi ini, perwakilan dari masing-masing daerah provinsi NTB mengetahui pentingnya keamanan sistem informasi dan bagaimana cara penerapannya. apalagi saat ini program dari NTB Gemilang salah satunya NTB 1 Data, yang mana pada program ini semua data OPD disatukan dalam satu server sehingga kemanan informasi dapat terjaga.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru