Penganugerahan Duta Informasi 2019


Seperti tahun sebelumnya Penganugerahan Duta Informasi kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan Kampung Media yang dirangkai dengan pengumuman peserta lomba bagi masyarakat pegiat Informasi dan Teknologi kembali digelar oleh Diskominfotik Provinsi NTB dengan tema “Ekonomi Kreatif dan Zero Waste” di Hotel Astoria Mataram tanggal 1 Nopember 2019 pada malam hari mulai pukul 19.00 wita sampai dengan selesai.

Sejumlah pejabat yang hadir diantara Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekda NTB Dr.Ir.H.Iswandi,M.Si, Plt Diskominfotik NTB I Gede Putu Aryadi, S.Sos, MH, Komisioner KPID,Direktur I News TV NTB, Arief Foundation, Perwakilan PT.Astra Motor Cabang NTB, Anggota KIM dan Kampung Media serta para peserta pemenang lomba.

Panitia Anugerah Duta Informasi I Gede Putu Aryadi dalam laporannya menyampaikan bahwa pada malam hari ini penyerahan Duta Informasi Tahun 2019 merupakan penyerahan penghargaan terhadap 4 item kegiatan lomba, pertama Audisi Akademisi Presenter yang di inisiasi oleh Biro I news TV Grup NTB yang disuport oleh Arief Foundation yang diikuti oleh 71 peserta dari seluruh Kabupaten Kota Se NTB dan hanya terpilih enam pemenang. 3 kegiatan lomba digelar langsung oleh Diskominfotik NTB diikuti oleh 200 orang, pertama lomba Blog atau Vlog yakni pembuatan sebuah video yang cukup sederhana melalui HP atau Android, kedua lomba Phonegrafi menggunakan teknologi informasi, ketiga lomba desain foster yakni memadukan tulisan dengan gambar.

Sesuai tugas dan fungsi Diskominfotik Aryadi mengatakan terdapat 2 bidang yang menjadi attention di Diskominfotik NTB , yang pertama diera digital ini peran memproduksi informasi tidak hanya menjadi tugas dan bagian dari kegiatan oleh media dan juga pemerintah tetapi sekarang semua masyarakat bisa menjadi produsen informasi oleh karna itu Diskominfotik disatu sisi harus mampu membangun kesadaran informasi masyarakat melalui kegiatan berbagai macam lomba dan bersinergi dengan Komisi Penyiaran Indonessia Daerah.

“Kami terus melakukan peningkatan literasi media untuk membangun partisifasi public dalam membangun NTB gemilang”. Ujar Aryadi

Kata Aryadi, dari sekian mata lomba yang diikuti oleh 200 peserta, mengangkat berbagai macam program hasil produksi budaya dan semua potensi NTB dengan Tema utama adalah ” Siaran Sehat Untuk NTB Gemilang. Kegiatan kedua yang dilaksanakan adalah meningkatkan kapasitas pelayanan informasi oleh Badan Publik Instansi Pemerintah telah dilaksanakan pada pagi hari yakni Bimteks penulisan kreatif dan pemanfaatn media soial untuk informasi public.

Gubernur NTB yang diwakili oleh Sekda NTB Dr.Ir.H.Iswandi,M.Si menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Diskominfotik dengan seluruh stakeholdernya dan semua pendukung kegiatan Anugerah Duta Informasi dan Pengumuman Pemenang Lomba.

Iswandi mengatakan setiap kita dituntut untuk dapat memiliki informasi dari banyak aspek agar dapat mengikuti perkembangan di dunia sebaik-baiknya dan kita butuh didalam masyarakat kita ketersediaan informasi seluas-luasnya.

Lebih jauh Iswandi mengatakan,sebagai negara yang multikultur,maju ditengah-tengah demokratisasi dan globalisasi kita dihadapkan pada permasalahan yang sering terjadi ditengah masyarakat kita itu yakni konflik, itulah sebabnya sering terjadi karna informasi, dalam hal ini adalah masalah informasi yang tidak akurat yang dikenal dengan Hoax. Selain itu kita dihadapkan pada tantangan tugas-tugas pembangunan, sesuatu masalah yang dihadapi oleh banyak fihak berkaitan dengan masalah korupsi, ini bisa terjadi karna kita menutup nutupi informasi dan yang terakhir adalah masalah government atau tata kelola pemerintahan. Ini dapat kita wujudkan dalam mengatasi masalah korupsi itu yang sumbernya adalah karna banyak informasi yang tidak transparan, maka kita dituntut untuk melakukan tata kelola pemerintahan yang baik yang dikenal dengan government.


Kata Iswandi dari kelima tantangan itu agar dapat kita atasi atau sumber kemajuan bagi kita dalam mengatasi demokratisasi dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan dalam bersaing diera globalisasi maka konflik harus dapat kita tekan demikian pula dengan korupsi kita harus dapat membangun dengan berbasis pada informasi.

“Nah dalam kontek inilah saya ingin letakkan kegiatan pada malam hari ini adalah salah satu hal yang sangat strategis dan hendaknya terus dapat kita lakukan disemua level. Sy berharap kepada Kadiskominfotik dan seluruh stakeholdenya dapat melaksanakan kegiatan seperti ini secara berkelanjutan agar terus menerus kita dapat meningkatkan transparansi,keterbukaan akuntabilitas karna kata kunci semua yang kita lakukan ini adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan itu salah satu kuncinya adalah membangun berdasarkan basis informasi yang sebaik-baiknya”.Sambung Iswandi

Iswandipun mengajak kepada seluruh lapisan agar kedepannya terus meningkatkan peran dan partisipasi semua fihak dalam meningkatkan literasi ditengah masyarakat agar keterlibatan masyarakat didalam mewujudkan NTB Gemilang ini semakin kuat, apalagi tema kegiatan malam ini adalah Ekonomi Kreatif dan Zero Waste.

Diharapkan anugerah informasi ini tidak hanya menyentuh pada kreatifitas yang bersifat global dan milenial tapi juga diharapkan ada konten konten yang menyentuh dari aspek budaya lokal yang dapat meningkatkan informasi sampai kepada masyarakat dan terbangun semangat untuk sama-sama membangun NTB yang Gemilang.

Usai memberikan sambutan Penjabat Sekda NTB H.Iswandi,Plt Diskominfotik NTB I Gede Putu Aryadi dan Komisioner KPID menyerahkan penghargaan kepada sejumlah pemenang lomba Akademisi Presenter 2019, Phonegarfi,Desain Poster,Video Blog/vlog dan penghargaan kepada Seniman Perupa Ramah IT sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada masyarakat Nusa Tenggara Barat tahun 2019.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru