Upacara Hari Pahlawan Ke-74, di Dompu

PERINGATI HARI PAHLAWAN KE-74, PEMDA DOMPU GELAR UPACARA; LAPANGAN BERINGIN

DOMPUKAB-Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, sebagai bentuk untuk mengenang jasa mereka yang rela berjuang dan mati untuk membela Tanah Air Indonesia tercinta, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, Minggu (10/11/2019) menggelar upacara bersama di Lapangan Beringin Pemda Dompu.

Upacara berlangsung khidmat, dipimpin Iangsung Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin. Dihadiri oleh Wakil Bupati Dompu Drs. Arifudin, para Anggota TNI dari Kodim 1614 Dompu, Anggota POLRI dari Polres Dompu, pegawai lingkup Pemda Dompu, guru-guru, Sat Pol PP, Dishub, ssrta para siswa dan siswi SD, SMP, dan SMA.

Sementara yang bertindak sebagai Inspektur Upacara H. Bambang M. Yasin (Bupati Dompu), Komandan Upacara Kapten Into M. Safi'i, Perwira Upacara AKP Nusra Angraha, SH, Pembaca Undang-undang Dasar Tahun 1945 oleh Wakil ketua DPRD Kabupaten Dompu Jamaluddin, S. Sos, Pembawa Bendera oleh Anggota PPI Kabupaten Dompu, Pembaca Doa Kementerian Agama Kabupaten Dompu, dan pembaca Pesan-pesan Pahlawan oleh siswa dan siswi SMA N 1 Dompu Anissa Larasati dan M. Fitrah Adinash.

Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, melalui pembacaan pesan-pesan pahlawan (amanat Mensos RI) menghimbau kepada generasi berikutnya agar bisa mengenang jasa-jasa para pahlawan.

"Setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Peristiwa Perang mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia. Dengan Peringatan Hari Pahlwan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Selain itu peringatan Hari Pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak - anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan masa kini," Tuturnya

Setelah usai upacara tersebut, Bupati Dompu bersama sejumlah jajarannya dibawah dan para muspida Iangsung beranjak ke Desa Lapadi Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu, untuk melakukan ziarah dan menabur bunga di makam Pahlawan.[TIMEDIA]

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru